Esport

PBESI Berencana Buat Ekstrakurikuler Esport

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Selasa, 12 Oktober 2021
PBESI Berencana Buat Ekstrakurikuler Esport
Cabang esport di Indonesia banyak peminatnya. (Foto: ist)

KABAR baik buat kamu para gamers, Pengurus Besar Esport Indonesia (PBESI) berencana untuk membentuk akademi dan menjalankan ekstrakurikuler esport. Ini bertujuan sebagai upaya pembinaan talenta esports untuk mengembangkan ekosistem esport di Tanah Air.

"Kita ke depan akan membentuk akademi dan esktrakurikuler esport yang didukung dengan esport club. Kita harapkan ini dapat berkembang dengan baik dan bisa membangun sesuatu pendidikan pelatihan yang sedemikian rupa," ujar Ketua Harian PBESI, Bambang Sunarwibowo dalam konferensi pers virual kick off Piala Presiden Esports 2021 Sabtu (9/10), mengutip ANTARA.

Baca juga:

PBESI dan Komunitas Esports Gelar Vaksinasi dan Bansos

PBESI Berencana Buat Ekstrakurikuler Esport
Bambang Sunarwibowo. (Foto: Instagram@bambangsunarwibowo)

Bambang mengungkapkan program-program tersebut dibutuhkan untuk mengembangkan ekosistem esport, tidak hanya atlet, tetapi juga wasit, pelatih, caster, content creator, hingga streamer yang punya potensi besar. Potensi gamers di Indonesia, lanjut Bambang, saat ini telah mencapai kisaran 118 juta pemain dengan 44,2 juta di antaranya adalah pemain esport. Dengan begitu, diharapkan angka tersebut memiliki dampak terhadap pengembangan olahraga digital di Indonesia.

PBESI juga sudah membentuk organisasi di 34 provinsi dan pengurus di 498 kabupaten dan kota. Langkah strategis selanjutnya adalah membuat regulasi agar penyelenggaraaan esport yang ada di Indonesia bisa berjalan dengan baik dan saling melindungi.

Oleh karenna itu, PBESI telah mengeluarkan regulasi pada awal 2021 yang berkaitan dengan pembinaan dan pengembangan atlet esport juga ekosistem yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, Bambang melanjutkan, PBESI juga telah menyiapkan program-program untuk menyelenggarakan kompetisi maupun turnamen skala provinsi dan nasional, serta ikut serta dalam event internasional.

Baca juga:

Ekshibisi Esports PON XX PAPUA 2021 Selesai, Prestasi dan Kekuatan Antara Daerah Merata

PBESI Berencana Buat Ekstrakurikuler Esport
Esport menjadi cabang olahraga yang berpotensi besar. (Foto: Unsplash/Sean Do)

PBESI juga telah menyiapkan berbagai turnamen berjenjang dalam waktu dekat.

"Kita akan menyelenggarakan pertandingan esport pelajar di November ini, dan pada 2022 kita juga akan menyelenggarakan berbagai event-event atau liga-liga yang akan kita kembangkan, seperti Piala Mahasiswa 2022, kemudian ESI Cup Liga 2, Liga 1, Piala pelajar Season 3, Pelatnas Asian Games, kemudian Asian Games 2022," kata Bambang.

"Kemudian juga kita merencanakan agenda Esport Award dan Pekan Esport Nasional, sehingga pertandingan-pertandingan ini apabila diselenggarakan secara terus menerus, secara konsisten maka pengembangan esport di Indonesia, dan gim yang ada di Indonesia akan maju pesat," tutup Bambang. (and)

Baca juga:

Kekuatan Merata, Persaingan Atlet E-Sports Ketat

#Esports #Game #Gamers
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan