PBB: Masa Depan Pengungsi Suriah Bukan di Lebanon, Tapi ... Seorang wanita menangis setelah diselamatkan oleh tentara Pasukan Demokratis Suriah di Raqqa, Suriah. (ANTARA FOTO/REUTERS/Erik De Castro)

MerahPutih.com - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menjelaskan bahwa masa depan pengungsi Suriah tidak berada di Lebanon, melainkan di negeri mereka sendiri.

Koordinator Kemanusiaan PBB di Lebanon Philippe Lazzarini mengatakan, meski Lebanon merupakan tuan rumah yang baik, tetapi itu tidak bisa dipandang sebagai negara bagi naturalisasi atau pencampuran pengungsi dengan warga asli.

"Jadi, ,masa depan pengungsi bukan berada di Lebanon, melainkan di Tanah Air mereka, Suriah," kata Lazzarini seperti yang dikutip dari Xinhua, Selasa (24/10).

Selain itu, Lazzarini mengatakan, setelah krisis di Suriah, pihaknya juga meningkatkan bantuan di Lebanon agar dapat membantu para pengungsi dari Suriah.

Dia menjelaskan, masyarakat internasional akan terus membantu pemerintah Lebanon dan berusaha menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga Lebanon. "Juga dapat mengembalikan pengungsi Suriah secara aman," katanya.

Ketika disinggung mengenai yang bertanggung jawab untuk menjamin kembalinya para pengungsi, Lazzarini mengatakan bahwa pihaknya tidak bisa mementingkan persoalan tersebut. "Yang penting dan menjadi perhatian kami adalah keamanan pengungsi Suriah dan juga masyarakat Lebanon," katanya.

Dia juga berharap, sasaran utama PBB di Lebanon, yakni memperbaiki negeri itu dari konflik regional, memelihara keamanan pengungsi Suriah, dapat tercapai. (*)


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH