PBB: 270 Ribu Pengungsi Rohingya Meninggalkan Myanmar Seorang manula etnis Rohingya digotong karena tak kuat berjalan di Teknaf. (REUTERS/Mohammad Ponir Hossain)

MerahPutih.com - Gelombang pengungsi etnis muslim Rohingya yang terusir dari Myanmar terus mengalir. Badan pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (U.N. High Commissioner for Refugees/UNHCR), melaporkan mereka mendirikan tenda-tenda penampungan di Bangladesh.

Jumlah ini meningkat dibandingkan sebelumnya. Pada Kamis (7/9), PBB melaporkan 164 ribu meninggalkan negaranya sejak krisis pecah akhir Agustus silam. Bangladesh, yang berbatasan dengan Myanmar menjadi tujuan etnis muslim Rohingya mengungsi.

Menurut juru bicara pengungsi Rohingya, Duniya Aslam Khan dua tenda besar di Cox’s Bazar, sebelah tenggara Bangladesh menjadi kamp bagi pengungsi Rohingya.

"Ada sekira 34.000 pengungsi Rohingya yang mendiami dua tenda itu," katanya.

Para pengungsi etnis Rohingya meninggalkan Myanmar di Teknaf, Bangladesh. (REUTERS/Mohammad Ponir Hossain)

Aslam Khan menambahkan jumlah pengungsi terus bertambah sementara kamp memiliki keterbatasan daya tampung.

"Saat ini para pengungsi tinggal di tenda-tenda darurat yang 'menjamur' di jalan-jalan di daerah Ukhiya dan Teknaf," sambungnya.

Sementara militer Myanmar mengklaim telah menumpas 387 pejuang Rohingya, dan menyalahkan Arakan Rohingya Salvation Army (ARSA) sebagai teroris yang menyebabkan kekacauan di Myanmar sejak akhir bulan lalu.

Sumber: New York Times/Al Jazeera


Tags Artikel Ini

Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH