PB XIII Bagikan Bingkisan Lebaran pada 1.000 Abdi Dalem Keraton Surakarta

Mula AkmalMula Akmal - Rabu, 27 April 2022
PB XIII Bagikan Bingkisan Lebaran pada 1.000 Abdi Dalem Keraton Surakarta
Raja Keraton Solo Sri Susuhunan Pakubuwono XIII Hangabehi membagikan bingkisan Lebaran pada abdi delem, Rabu (27/4). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningkrat membagikan bingkisan Lebaran berupa paket sembako kepada abdi dalem di Sasana Putra Kompleks Keraton Surakarta Rabu (27/4).

Selain itu juga, diberikan fitrah sekaligus gaji pada abdi dalem juru kunci benda-benda peninggalan Keraton Surakarta dari berbagai daerah.

Baca Juga:

Malam Selikuran Ramadan, Keraton Surakarta Kirab Lampu Ting dan 1.000 Tumpeng

Pengageng Parentah Keraton Surakarta Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Dipokusumo mengatakan, sesuai tradisi Keraton Surakarta, setiap mendekati Lebaran membagikan bingkisan pada seluruh abdi dalem yang tersebar di sejumlah daerah.
Mereka datang khusus ke Keraton Surakarta untuk mendapatkan pengarahan dari PB XIII.

"Kami bagikan bingkisan berisi beras 10 kilogram, mie instan, sirup, gula dan roti diserahkan secara simbolis kepada perwakilan abdi dalem," ujar Gusti Dipo sapaan akrabnya pada awak media di Keraton Surakarta, Rabu (27/4).

Ia mengatakan, penyerahan bingkisan Lebaran itu dilakukan secara langsung Raja Keraton Solo Sri Susuhunan Pakubuwono XIII Hangabehi. Pembagian bingkisan ini sebagai bentuk kepedulian Keraton Surakarta kepada warga yang membutuhkan.

"Total keseluruhan ada 1.000 orang abdi dalem yang dapat bingkisan Lebaran dari PB XIII," kata dia.

Penyerahan paket bingkisan Lebaran, kata dia, dibagikan secara bertahap mengingat kondisi masih pandemi dan aturan jaga jarak masih berlaku.

Putra mendiang Raja Pakubuwono XII ini menyebut para abdi dalem yang menerima bingkisan Lebaran terdiri dari kerabat dalem, sentono dalem, parentah keraton, parentah keputren, serta masyarakat Baluwarti. Selain itu juga ada abdi dalem luar Solo seperti Baluwarti.

"Ada abdi dalem dari Imogiri, Kotagede dan Purwodadi yang datang juga sampai ke Solo," katanya.

Raja Keraton Solo Sri Susuhunan Pakubuwono XIII Hangabehi membagikan bingkisan Lebaran pada abdi delem, Rabu (27/4). (MP/Ismail)
Raja Keraton Solo Sri Susuhunan Pakubuwono XIII Hangabehi membagikan bingkisan Lebaran pada abdi delem, Rabu (27/4). (MP/Ismail)

Mengenai berapa besaran gaji para abdi dalem yang diberikan, Gusti Dipo menjelaskan masing-masing penerima berbeda. Besaran gaji disesuaikan dengan beban kerja para abdi dalem.

Namun demikian, Dipo enggan menyebutkan besaran gaji yang diterima oleh masing-masing para abdi dalem keraton.

"Karena mereka masuknya sebagai abdi dalem juga berbeda-beda jadi menerimanya gaji tidak sama," kata dia.

Seorang abdi dalem Keraton Solo, KRAT Aris Warsito Yudhonegoro (74), mengaku senang diundang ke Keraton Surakarta untuk menerima bingkisan Lebaran dari Sinuhun PB XIII. Ia juga mendapatkan gaji dari Sinuhun PB XIII.

"Bingkisan ini kita syukuri. Ini sebagai bentuk perhatian raja pada rakyatnya. Apalagi ini saya bertemu langsung dengan raja," kata Aris.

Aris mengaku sudah puluhan tahun mengabdi di Keraton Solo. Selama ini dirinya dipercaya Keraton Surakarta sebagai pangarso koordinator prajurit keraton.

"Saya sudah 34 tahun di sini (Keraton Surakarta) sebagai abdi dalem. Semoga bingkisan ini berkah," pungkasnya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Jelang Lebaran, Polresta Surakarta Petakan Lima Lokasi Rawan Kemacetan

Bagikan
Ditulis Oleh

Mula Akmal

Bagikan