Paus Ungkapkan Rasa Duka Pada Korban Gempa Bumi Sulbar

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 18 Januari 2021
Paus Ungkapkan Rasa Duka Pada Korban Gempa Bumi Sulbar
Paus Fransiskus. (Foto: http://www.photogallery.va/

MerahPutih.com - Paus Fransiskus menyampaikan doa bagi korban gempa bumi yang menewaskan puluhan orang dan melukai ratusan lainnya di Sulawesi Barat. Selain itu, ia mendoakan para korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air.

"Saudara-saudari yang terkasih, saya ingin mengungkapkan kedekatan saya dengan warga Pulau Sulawesi di Indonesia, yang diguncang gempa kuat," ungkap Paus dengan lirih dilansir VOAIndonesia, Senin (18/1).

Baca Juga:

Penyebaran COVID-19 Berpotensi Terjadi di Lokasi Bencana Alam

Ia juga mendoakan mereka yang kehilangan rumah dan pekerjaan dan para relawan penyelamat.

"Semoga Tuhan mendukung upaya mereka-mereka yang sedang melakukan penyelamatan. Mari doakan saudara-saudara kita di Sulawesi, juga korban kecelakaan pesawat terbang yang terjadi di Indonesia," ujarnya.

Berdasarkan data per 17 Januari 2021 pukul 20.00 WIB, Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana melaporkan jumlah korban meninggal dunia akibat gempa M6,2 yang terjadi pada Jumat (15/1), pukul 01.28 WIB atau 02.28 waktu setempat di Provinsi Sulawesi Barat menjadi 81 orang, dengan rincian 70 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan 11 orang di Kabupaten Majane.

Kerusakan Gempa Sulbar. (Foto: BNPB)
Kerusakan Gempa Sulbar. (Foto: BNPB)

BPBD Kabupaten Majene, Kabupaten Mamuju serta Kabupaten Polewali Mandar terus melakukan pendataan dan berkoordinasi dengan TNI - Polri, Basarnas serta relawan maupun instansi lainnya dalam proses evakuasi masyarakat terdampak.

Selain itu, Pusdalops BNPB juga memutakhirkan data kerugian materil di Kabupaten Majene antara lain 1.150 unit rumah rusak yang masih dalam proses pendataan serta 15 unit sekolah terdampak.

Dalam upaya pemenuhan kebutuhan para pengungsi, BNPB juga telah menyalurkan bantuan logistik ke Kelurahan Malunda, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene berupa 140 dus mie instan dan 10 dus air mineral pada Minggu (17/1). (Knu)

Baca Juga:

Kepala BNPB Imbau Warga tak Percaya Info Sesat soal Gempa Sulbar

#Gempa #Gempa Sulbar #Paus Fransiskus
Bagikan
Bagikan