Paundra Dua Kali Tak Hadiri Upacara Adat, Mangkunegaran Berikan Penjelasan

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 18 Maret 2022
Paundra Dua Kali Tak Hadiri Upacara Adat, Mangkunegaran Berikan Penjelasan
Gusti Bhre atau KGPAA Mangkunegoro X memimpin upacara adat Wilujengan Ruwahan, Jumat (17/3) malam. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Puro Mangkunegaran baru saja menggelar upacara adat Wilujengan Ruwahan yang berlangsung khidmat di Pendopo Ageng Puro Mangkunegaran, Kamis (17/3) malam.

Wilujengan Ruwahan dipimpin langsung Gusti Bhre atau KGPAA Mangkunegoro X dan dihadiri semua trah keluarga besar Mangkunegoro pertama sampai sembilan.

Namun, sosok kakak Mangkunegoro X, GPH Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara dan GRA Putri Agung Suniwati atau yang akrab dipanggil Menur justru kembali tak terlihat dalam prosesi upacara adat Mangkunegaran.

Baca Juga:

Wilujengan Ruwahan, Mangkunegoro X Pimpin Upacara Adat untuk Pertama Kali

Bahkan, ini yang kedua kalinya Paundra tak hadir dalam upacara dalem Mangkunegaran. Sebelumnya pada upacara adat jumenengan atau penobatan adiknya GPH Bhre pada Sabtu (12/3), cucu Presiden pertama Indonesia Sukarno, dari Sukmawati Soekarnoputri, tersebut juga absen.

Pengageng Wedhana Satrio Pura Mangkunegaran KMRT Lilik Priarso mengatakan, Paundra absen di acara adat Wilujengan Ruwahan karena masih sibuk dengan urusan pekerjaan.

"Dia (Paundra) tidak hadir di acara Wilujengan Ruwahan," kata Lilik, Jumat (18/3).

Baca Juga:

Harapan Sri Sultan HB X dan Paku Alam terhadap Kepemimpinan Mangkunegara X

Dikatakannya, sebelumnya Paundra sudah konfirmasi akan datang di acara Wilujengan Ruwahan. Ia memperkirakan pekerjaan di Batik Keris belum selesai sehingga berhalangan hadir.

Meskipun tak hadir, pihaknya sudah menyediakan kursi kosong dekat Gusti Bhre. Namun, sampai acara selesai, Paundra tidak datang.

"Kita tidak persoalkan itu. Yang jelas Wilujengan Ruwahan berjalan lancar. Kalau adiknya Mas Paundra, Mbak Menur sedang ada di Jakarta," pungkasnya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Permaisuri Dalem Kukuhkan Adipati Mangkunegara X, Jokowi Datang Beri Selamat

#Mangkunegaran
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan