Patut Dicoba, Ini Tips Jitu Liburan Low Budget Untuk Mahasiswa Yuk intip tips liburan low budget untuk kantong mahasiswa (Foto: pixabay/pexels)

MELAKUKAN liburan tak selamanya membutuhkan biaya yang besar. Karena ada beragam cara untuk kamu menikmati liburan dengan budget murah tapi tetap menyenangkan.

Seperti halnya seorang mahasiswa yang memiliki budget terbatas, khususnya yang belum memiliki penghasilan sendiri.

Baca Juga:

Yuk Intip Deretan Destinasi Liburan Akhir Tahun Terbaik di Luar Negeri

Nah, seperti yang dilansir dari laman airpaz, berikut ini beberapa tips liburan untuk kantong mahasiswa

1. Pilih Wisata Alam

Wisata alam cendrung lebih murah, tapi kamu harus memilihnya dengan cerdik (Foto: pixabay/morpheus)

Mengapa wisata alam? Karena biasanya liburan di wisata alam tak memubutuhkan biaya yang besar. Bahkan banyak tempat yang bisa kamu akses secara gratis, dengan hanya membayar biaya parkir saja.

Beberapa wisata alam yang bisa menjadi pilihanmu antara lain yaitu wilayah pegunungan, pantai maupun hutan. Pilihlah tempat yang sekiranya tak menghabiskan budget besar.

2. Bawa Perlengkapan Sendiri

Membawa perlengkapan sendiri bisa meminimalisir budget (Foto: pixabay/free-photos)

Untuk meminimalisir pengeluaran, kamu bisa membawa perlengkapan sendiri. Seperti halnya jika kamu ingin bermalam di tempat yang telah kamu pilih, bawalah perbekalan yang cukup dari rumah, seperti tenda, tikar, makanan, air hingga perlengkapan memasak.

Jika kamu membawa perlengkapan sendiri, maka akan membantumu untuk menghemat biaya liburan. Sebab tak mengharuskanmu untuk membayar penyewaan atas beberapa peralatan itu.

Baca Juga:

Tips Ampuh Memulai Usaha Jastip Sambil Traveling


3. Liburan Bersama Teman-Teman

Liburan dengan teman akan jauh lebih asyik dan bisa meminimalisir budget (Foto: pixabay/paulinawhite)

Tips yang ketiga yakni lakukan perjalanan liburan dengan teman-teman. Ajaklah beberapa orang temanmu untuk melakukan liburan sesuai dengan tempat yang dipilih.

Setelah itu hitung jumlah anggaran yang dibutuhkan untuk perjalanan liburan dengan teman-temanmu, dan berapa besara iuran setiap orangnya.

Cara seperti itu cukup efektif untuk mengatasi keterbatasan biaya yang kamu miliki. Lalu, selain lebih murah, melakukan liburan bersama teman-teman tentu akan menambah keseruan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

4. Rencanakan Liburan Sejak Dini

Rencanakan liburan dari jauh-jauh hari untuk mempersiapkan budget dan lain-lain (Foto: pixabay/dariuszsankowski)

Tips yang keempat yaitu merencanakan liburan sejak dini. Hal ini bertujuan agar kamu bisa mempersiapkan dengan matang perjalanan liburan tersebut. KHususnya dari sisi kesiapan budget yang kamu miliki.

Saat kamu sudah menentukan target liburanmu, maka mulailah untuk menabung sedikit demi sedikit, agar rencanamu bisa dieksekusi dengan lancar. Jangan lupa juga untuk mengajak teman-temanmu melakukan hal yang sama, agar nantinya kamu bisa berlibur bersama-sama.

Nah itu dia gengs beberapa tips liburan low budget yang bisa kamu optimalkan. Jika berjalan dengan lancar, tentunya kamu akan mendapatkan liburan yang sangat berkesan dengan biaya sesuai kantong mahasiswa. (Ryn)

Baca Juga:

Jangan Panik Saat Paspor Hilang, Ini Panduan Mudah Pengurusannya

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH