hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-1
Patut Dicoba, Hasilkan Gambar Menarik dengan 3 Teknik Fotografi Ini Teknik fotografi yang harus dicoba (Foto: MP/Aloysius Johan)
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-2
hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-7

FOTOGRAFI adalah kegiatan 'menangkap' momen menggunakan cahaya pada obyek tertentu. Dalam dunia fotografi terdapat banyak teknik untuk menghasilkan gambar menarik, mulai dari yang sederhana hingga yang rumit. Beritkut tiga teknik sederhana yang bisa kamu coba untuk menghasilkan gambar bagus.

Baca juga:

Pengalaman Membuat Kamu Jadi Pintar Fotografi

1. Fotografi Makro

Patut Dicoba, Hasilkan Gambar Menarik dengan 3 Teknik Fotografi Ini
Teknik fotografi makro menguji kesabaran (Foto: KameraDigital)

Dalam teknik makro, obyek yang diambil biasanya merupakan obyek yang kecil, seperti serangga dan bunga. Dalam teknik ini bertujuan untuk mengedepankan detail dari obyek yang diambil.

Fotografi makro menggunakan lensa khusus, sesuai namanya yakni lensa makro, atau dapat diakali dengan menggunakan converter makro yang banyak dijual, baik secara online atau di toko kamera.

Teknik ini terbilang sulit, karena biasanya obyek yang diambil adalah makhluk hidup, sehingga sangat sulit untuk menentukan momen yang tepat dalam memotret. Dalam fotografi makro, sebaiknya menghindari penggunaan parfum agar serangga tidak mencium aroma lain dan membuatnya kabur saat difoto.

Teknisnya kamu perlu menggunakan shutter speed yang tinggi, agar obyek tidak blur jika bergerak secara mendadak. Lensa yang digunakan biasanya lensa manual, agar fokus gambar lebih tepat.

2. Slow Shutter

Teknik Fotografi Slow Shutter
Fotografi slow shutter hasilkan gambar artsy (Foto: MP/Aloysius Johan)

Teknik ini menggunakan shutter speed yang rendah, guna mendapatkan gambar yang blur. Obyek yang diambil beragam, mulai dari kendaraan hingga manusia. Untuk obyek kendaraan, biasanya dilakukan pada saat malam hari, ini berguna untuk menonjolkan indahnya lampu kendaraan jika diambil dengan teknik slow shutter.

Baca juga:

Mau Hasil Foto Bagus? Ini Dia Tips Motret Pakai Smartphone ala Jay Subiakto

Lensa yang digunakan biasanya menggunakan lensa wide, guna mendapatkan keseluruhan gambar yang luas.
Sebenarnya obyek yang diambil bisa berupa pemandangan, seperti air terjun, sehingga mendapatkan blur dari arus air terjun tersebut atau ombak di pantai pun dapat dijadikan obyek yang menarik.

3. Foto Refleksi

Patut Dicoba, Hasilkan Gambar Menarik dengan 3 Teknik Fotografi Ini
Fografai refleksi, teknik yang memanfaatkan pantulan cahaya (Foto: DIYKamera)

Teknik ini menangkap pantulan dari suatu obyek, seperti cermin dan air. Teknik biasa dilakukan pada siang hari. Ketika cahaya lebih bayak, sehingga gambar refleksi terlihat lebih jelas. Banyak obyek yang dapat difoto, seperti hewan, kendaraan, dan manusia. (jhn)

Baca juga:

Canon dan Nikon Merilis Kamera 'Mirrorless Full-Frame' Pertama Mereka


hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-3
Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-4
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-5