Patung Kucing Libi di Cakung, Simbol Perjuangan Warga Bukit Duri Seperti kisah Hachiko, Libi juga punya kisah unik sekaligus heroik. (Foto: Youtube/@Anies Baswedan)

PATUNG kucing berbahan perunggu itu tampak gagah. Tingginya hampir dua meter dengan diameter sekira tiga meter. Matanya menatap tajam ke depan. Telinganya tegak. Patung kucing itu didudukkan di atas batu marmer yang menopangnya.

Itulah patung kucing Libi di Kampung Susun Produktif Tumbuh di Cakung, Jakarta Timur. Libi, nama kucing itu, adalah kucing peliharaan anak-anak Sanggar Ciliwung Merdeka di Bukit Duri, Jakarta Selatan. Kucing itu saban hari tinggal di bangunan sanggar.

Patung kucing itu digagas oleh warga Kampung Susun yang merupakan mantan warga Bukit Duri. Warga tersebut direlokasi ke lokasi baru setelah digusur oleh Pemerintah Kota Madya Jakarta Selatan pada September 2016.

"Kucing bernama Libi ini kami jadikan simbol perjuangan, kesetiaan dan persistensi warga yang rindu sekali akan tempat tinggal yang manusiawi yang penuh gotong royong, inilah patung kucing Libi," ujar Romo Sandiawan, pendiri Sanggar Ciliwung Merdeka sekaligus pembela warga Bukit Duri dalam peresmian Kampung Susun di Cakung (25/8/22).

Baca juga:

Cat Lovers, Ketahui Berbagai Jenis Muntah Kucing

patung kucing libi
Romo Sandiawan, pendiri Sanggar Ciliwung Merdeka sekaligus pembela warga Bukit Duri. (Foto: Youtube/Anies Baswedan)

Inisiatif membangun patung hewan relatif jarang terjadi di Indonesia. Ini mungkin mengingatkan kamu pada kisah patung anjing Hachiko di Shibuya, Jepang. Seperti kisah Hachiko, Libi juga punya kisah unik sekaligus heroik.

Suatu hari pada 2016, petugas Satpol PP mendatangi permukiman tepi Kali Ciliwung di Bukit Duri. Berbekal Surat Peringatan (SP 3), petugas berupaya menggusur bangunan di Bukit Duri. Alasannya untuk menormalisasi Kali Ciliwung yang berada tak jauh dari bangunan.

Petugas mengerahkan alat berat seperti ekskavator dan beko. Warga memilih menyingkir untuk menghindari bentrokan dengan petugas. Alat-alat berat itu merangsek dan menghancurkan bangunan warga, termasuk Sanggar Ciliwung Merdeka. Tapi Libi masih tetap keukeuh berada di sana.

Saat mangkuk alat berat menghantam bangunan sanggar, tubuh Libi terlempar. Bangunan pun runtuh. "Kami menduga kucing itu sudah mati. Tapi keesokan harinya, anak-anak melaporkan bahwa kucing itu sedang terisak-isak di lokasi dimana sanggar itu sudah hancur," kata Sandiawan.

Sandiawan menambahkan, kucing Libi selalu berada di puing-puing bangunan Sanggar Ciliwung yang hancur tersebut. "Setiap jam 15.00 WIB, kucing itu selalu tidur di lokasi itu, atau reruntuhan itu," ujarnya.

Cerita kucing Libi itulah yang menjadi inspirasi hingga dijadikan simbol kesetiaan dan perjuangan warga Bukit Duri korban penggusuran permukiman.

Sandiawan menambahkan, patung kucing Libi dibuat oleh pengembang Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung, Jakarta Timur.

Baca juga:

Terlalu Gemuk, Kucing Rentan Mengalami Masalah Kesehatan

patung kucing libi
Di bagian batu marmer penopang patung, tersua inskripsi tentang penggusuran tersebut. (Foto: Youtube/Anies Baswedan)

Di bagian batu marmer penopang patung, tersua inskripsi tentang penggusuran tersebut. "MONUMEN KEMANUSIAAN. 28 September 2016 di kawasan Bukit Duri, seekor kucing bernama Libi menyaksikan betapa manusia menggusur tanah dan gubuk milik sesama manusia secara sempurna melanggar hukum, hak asasi manusia, agenda Pembangunan Berkelanjutan, UUD 1945 serta sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab".

Meski digusur, warga Bukit Duri terus melanjutkan hidup. Mereka bahkan membawa kasus penggusuran tersebut ke pengadilan dan berhasil memenangkannya.

Sebagai tindak lanjut keputusan pengadilan, pemerintah Jakarta membangun Kampung Susun Cakung untuk warga Bukit Duri. Kampung itu diresmikan pada 25 Agustus 2022 oleh Gubernur Jakarta Anies Baswedan.

Menurut Sandiawan, kucing Libi masih hidup, tapi umurnya sudah tua untuk ukuran kucing. Libi akan dikenang sebagai simbol perjuangan jelata untuk memperoleh hidup yang layak. (dru)

Baca juga:

Mengapa Patung Kucing Dianggap Membawa Keberuntungan Buat Toko

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
BMW Group Bakal Gunakan Pelek Ramah Lingkungan pada 2024
Hiburan & Gaya Hidup
BMW Group Bakal Gunakan Pelek Ramah Lingkungan pada 2024

BMW Group akan menggunakan pelek ramah lingkungan pada 2024 mendatang. MINI pun menjadi mobil pertama yang menggunakannya.

Kenali Dampak Buruk Penggunaan BBM RON 90 untuk Mobil LCGC
Fun
Kenali Dampak Buruk Penggunaan BBM RON 90 untuk Mobil LCGC

Pabrikan menyarankan pemilik LCGC harus menggunakan bahan bakar RON 92.

Move to iOS Memungkinkan Transfer Data WhatsApp dari Android ke iPhone
Fun
Move to iOS Memungkinkan Transfer Data WhatsApp dari Android ke iPhone

Fiturnya akan dapat segera dapat dinikmati seluruh pengguna.

Gim Karya Anak Bangsa, 'A Space For The Unbound', Tunda Perilisan
Fun
Pentingnya Perlindungan dan Kesehatan Karyawan
Hiburan & Gaya Hidup
Pentingnya Perlindungan dan Kesehatan Karyawan

Perlindungan dan kesehatan karyawan juga harus diperhatikan.

Selisik Surganya Kuliner Nusantara di Kampoeng Tempo Doeloe JF3
Hiburan & Gaya Hidup
Selisik Surganya Kuliner Nusantara di Kampoeng Tempo Doeloe JF3

Beragam kuliner khas Nusantara nan biasanya hanya ada di daerang masing-masing kini hadir di KTD 2022.

Segera Debut Solo, Jin BTS Bagikan Detail Single Album dan Trailer Perdananya
Fun
Segera Debut Solo, Jin BTS Bagikan Detail Single Album dan Trailer Perdananya

Meski namanya album, karya Jin ini hanya akan berisikan satu lagu saja alias single album.

'Kenalan Dulu Aja' dengan Single Terbaru Ada Band
ShowBiz
'Kenalan Dulu Aja' dengan Single Terbaru Ada Band

band yang kini beranggotakan Naga, Marshal, Dika dan Adhy menghadirkan single terbaru berjudul Kenalan Dulu Aja sebagai penutup Oktober 2022.

4 Trik Membuat Rumah Terlihat Elegan
Hiburan & Gaya Hidup
4 Trik Membuat Rumah Terlihat Elegan

Beberapa barang bisa diaplikasikan sebagai interior rumah.