Pasukan Turki Tewaskan Lima Pemberontak Kurdi

MerahPutih.com - Operasi pasukan keamanan Turki menewaskan lima pemberontak Kurdi di Provinsi Mugla pada Kamis (5/10).

NTV melaporkan peristiwa tersebut terjadi dalam bentrokan di wilayah pesisir Aegean yang terkenal banyak turis mancanegara.

Pasukan keamanan melakukan penyergapan terhadap tujuh pemberontak anggota organisasi terlarang, Partai Pekerja Kurdistan (PKK) di distrik Koycegiz, Mugla. Dua dari tujuh pemberontak itu saat ini masih dalam pencarian.

Pada Rabu, pasukan keamanan menangkap empat anggota pemberontak Kurdi dan tiga orang lainnya yang membantu mereka di dekat Seydikemer, Mugla.

Mugla adalah tempat utama tujuan wisata, termasuk Bodrum dan Marmaris di pantai barat daya Turki. Hampir semua pertarungan dengan PKK terjadi di sebagian besar wilayah Kurdi, di Turki tenggara.

Mugla menjadi provinsi dengan jumlah perkara tertinggi terkait percobaan kudeta yang gagal tahun lalu, di mana pengadilan menemukan 42 mantan anggota tentara bersalah karena berusaha membunuh Presiden Tayyip Erdogan.

Belum jelas apakah kehadiran pemberontak di wilayah Mugla terkait dengan perkara percobaan kudeta itu atau tidak.

PKK, yang melakukan pemberontakan pemisahan diri dari Turki, dianggap sebagai organisasi teroris oleh Turki, Amerika Serikat, dan Uni Eropa. Mereka telah melancarkan pemberontakan tiga dasawarsa melawan Turki. Lebih dari 40.000 orang tewas dalam perang tersebut. (*)

Sumber: ANTARA


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH