Pasukan Irak Balas Penyerangan ISIS di Provinsi Salahudin

Zulfikar SyZulfikar Sy - Minggu, 01 April 2018
Pasukan Irak Balas Penyerangan ISIS di Provinsi Salahudin
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/REUTERS/Thaier Al-Sudani)

MerahPutih.com - Pasukan keamanan Irak pada Sabtu (31/3) melancarkan operasi militer untuk menjamin keamanan di jalan utama di Provinsi Salahudin di Irak Tengah, setelah anggota IS menewaskan puluhan orang di pos pemeriksaan palsu di daerah itu.

Operasi tersebut dilancarkan pada pagi hari, ketika pasukan polisi federal dan beberapa brigade paramiliter Hashd Shaabi melakukan pembersihan di banyak daerah di sekitar jalan utama di sebelah selatan Kota Tuz-Khurmanto, sekitar 180 kilometer di sebelah utara Ibu Kota Irak, Baghdad, kata satu pernyataan Hashd Shaabi dilansir Antara.

Tentara juga melancarkan operasi pencarian di daerah terjal di sebelah barat jalan itu dan sebelah timur Kota Kecil Amerly, sekitar 150 kilometer sebelah utara Baghdad, kata pernyataan tersebut.

Sepanjang hari Sabtu, tentara membersihkan 20 desa dan menewaskan sejumlah petempur IS, termasuk tiga pembom bunuh diri, demikian laporan Xinhua. Selain itu, tentara menghancurkan sembilan tempat persembunyian anggota IS dan menyita sejumlah senjata, amunisi dan ranjau darat, tambah pernyataan tersebut.

Sebuah kendaraan militer pasukan federal Irak memasuki ladang minyak di Kirkuk, Irak, Senin (16/10). (ANTARA FOTO/REUTERS/Stringer)
Sebuah kendaraan militer pasukan federal Irak memasuki ladang minyak di Kirkuk, Irak, Senin (16/10). (ANTARA FOTO/REUTERS/Stringer)

Di dalam pernyataan terpisah, Abu Ridha An-Najjar, seorang komandan Hashd Shaabi di Irak Utara, mengatakan beberapa brigade Hashd Shaabi dan pasukan keamanan lain bergerak maju dari empat arah di sebelah selatan Tuz-Khurmato guna mengakhiri serangan gerilyawan garis keras di jalan itu --yang juga menghubungkan Baghdad dengan Kirkuk.

Pasukan keamanan Irak melancarkan operasi dari waktu ke waktu guna memburu petempur IS, yang melancarkan serangan terhadap warga sipil dan pasukan keamanan Irak di sebelah utara dan selatan Tuz-Khurmati dan Provinsi Kirkuk, yang berdekatan.

Gubernur Provinsi Salahudin Ahmed Al-Jubouri seringkali mengeluh bahwa anggota IS telah bergabung kembali di daerah terjal di bagian timur provinsi tersebut, yang membentang ke Provinsi Diyala --yang bertetangga-- dan daerah Pegunungan Himreen, yang berdekatan.

Selama beberapa bulan belakangan, puluhan petempur IS meninggalkan bekas pangkalan mereka di kota besar penting di Provinsi Salahudin, yang kebanyakan warganya pemeluk Sunni, termasuk di Ibu Kota Provinsi itu, Tikrit --sekitar 170 kilometer di sebelah utara Baghdad. Sebelumnya, pasukan keamanan membersihkan daerah tersebut selama operasi besar anti-IS. (*)

#ISIS #Irak
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan