Pastor Gereja Muntok Ajak Umat Perkuat Kebersamaan Umat Kristiani tengah melakukan doa agung dengan suasana khidmat. (ANTARA FOTO/Darwin Fatir)

Pastor Gereja Santa Perawan Maria Pelindung Para Pelaut Muntok, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengajak umat ikut berperan aktif membangun kebersamaan agar kehidupan manusia semakin berkembang.

"Dalam tatanan hidup, masing-masing individu memiliki kelemahan, dengan berkomunitas akan salin meneguhkan, semangat itu yang bisa diambil dari perayaan Paskah untuk seluruh umat manusia," kata Pastor Paulus Chara Pr di Muntok, Bangka Belitung, Minggu (16/4).

Menurut dia, dalam kebersamaan, kekeluargaan atau komunitas setiap individu memiliki semangat untuk saling mengingatkan, mendukung, dan menuntun individu lain.

"Dalam hidup menggereja dan di tengah masyarakat, banyak hal yang didapatkan dari berkomunitas agar bisa terus berkembang dalam menjalani hidup," katanya.

Hari Kebangkitan, kata Pastor Paulus, sebagai nilai utama perayaan Paskah sudah dirasakan setiap hari. Namun, sebagian besar manusia kurang menyadari karena masih tertutup dosa.

Setiap merayakan Paskah, kata dia, umat diajak untuk mengenang kembali terbukanya batu kubur Yesus dalam peristiwa kebangkitan sebagai simbol terbuka mata hati, penebusan dosa sehingga mampu menjadi manusia baru yang bisa menjadi semangat mendasar dalam kehidupan sehari-hari.

"Dalam kehidupan menggereja, semangat tersebut telah ditanamkan dan dibangun sejak awal oleh Bapa Uskup Mgr Hilarius Moa Nurak SVD semasa hidupnya dengan keinginan agar seluruh umat manusia mampu berperan nyata dalam membangun semangat kebersamaan," kata dia.

Ia mengingatkan, gereja bukan hanya gedung, akan tetapi gereja adalah nilai dari semangat awal dari sebuah komitmen untuk bersama memperbaiki kehidupan yang diawali dari memperbaiki diri.

"Kehidupan yang ada sangat bergantung dari gerak komunitas yang ada di akar rumput, untuk itu umat manusia perlu terus membangun kebersamaan dan saling meneguhkan," katanya.

Sumber: ANTARA



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH