Pastikan Asap di DPR Bukan dari Api, Polisi Olah TKP di Lokasi Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Nana Sudjana. ANTARA/HO-Polri Irjen Pol. Nana Sudjana. ANTARA/HO-Polri

Merahputih.com - Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sujana memastikan bahwa asap yang keluar di Gedung DPR/MPR karena kesalahan sistem eror. Asap itu juga dipastikan bukan berasal dari api. Polisi langsung menggelar olah tempat kejadian perkara

"Namun ini tidak ada api, tidak ada kebakaran, ini error system, temen kami sudah olah TKP untuk memastikan penyebab eror ini,” kata Nana saat konferensi pers di Gedung Nusantara III DPR, Jakarta Pusat, Senin (24/2).

Baca Juga

Gudang Kompleks Pesantren Gontor Kebakaran

Ia menegaskan, asap berasal dari sistem aerosol yang seharusnya bekerja saat adanya panas atau api. Namun secara tiba-tiba mengeluarkan asap sehingga terkesan telah terjadi kebakaran.

“Diruang tersebut di lantai dua ada sekitar 10 aerosol yang ada di situ, ada kemungkinan ini eror,” ucap dia.

Nana melanjutkan, sistem tersebut memang disetting sensitif terhadap panas. Namun untuk kejadian hari ini, tidak ditemukan adanya titik api sumber asap di lantai dua gedung.

“Biasanya pemicu ada panas, dalam ruangan itu ada suasana panas, sehingga langsung sistem tersebut langsung bekerja, karena memang sangat sensitif, dan ini otomatis," imbuh Nana.

Asap pekat kebakaran di Gedung Nusantara III DPR. Foto: MP.Kanu
Asap pekat kebakaran di Gedung Nusantara III DPR. Foto: MP.Kanu

Sekjen DPR Indra Iskandar menyebut sistem aerosol di gedung DPR hang hingga menyebabkan asap pekat mengepul. Indra mengatakan tak ada api yang muncul.

"Otomatis kalau ini. Karena ini kan ada renovasi, cabling-nya banyak yang berubah, jadi beberapa titik ini sistemnya itu ada yang hang fungsinya. Sensitif. Memang ini alarmnya sensitif sekali, bukan kebakaran. Ini saya di titik ini," kata Indra.

Baca Juga

Kebakaran di Gedung DPR, Asap Pekat Penuhi Ruangan

Indra menegaskan tak ada api sama sekali di gedung DPR. Dia menyebut kondisi saat ini sudah terkendali. "Sama sekali nggak ada (api). Sudah terkendali. Cuma pembersihan asap-asap, bukan asap ya, aerosol," jelas Indra.

Alarm kebakaran di gedung DPR berdering sekitar pukul 11.50 WIB. Sebanyak 11 unit pemadam kebakaran meluncur ke lokasi. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH