Paspampres Tak Dilibatkan Dalam Pelantikan Anak Jokowi?

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Selasa, 23 Februari 2021
Paspampres Tak Dilibatkan Dalam Pelantikan Anak Jokowi?
Wali Kota Solo terpilih Gibran Rakabuming Raka, Selasa (9/2). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah memastikan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih, Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa dilaksanakan pada Jumat (26/2).

Meski Gibran berstatus putra sulung Presiden Jokowi, pelantikan tetap mengikuti protokoler Pemkot Solo. Sedangkan anggota Pengamanan Presiden (Paspampres) hanya mengamankan ranah pribadi Gibran sebagai keluarga presiden Jokowi.

Baca Juga

Lebih Tua Dibandingkan Gibran, Teguh Mengaku Siap Diperintah

Plh Wali Kota Solo Ahyani mengatakan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih Gibran dan Teguh akan dilaksanakan pada Jumat akhir pekan ini pukul 09.00 WIB. Pelantikan dilakukan secara virtual oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Semarang.

"Gibran-Teguh akan mengambil lokasi pelantikan di Balai Tawangarum Kompleks Balai Kota Solo, Jawa Tengah. Pelantikan digelar terbatas dengan hanya mengundang 25 peserta," ujar Ahyani, Selasa (23/2).

Ahyani mengatakan untuk pelantikan nanti mengikuti protokoler yang dibuat Pemkot Solo. Sementara itu, pengamanan Wali Kota Solo Gibran diluar jam kerja di Balai Kota sesuai Standard Operating Procedure (SOP), pengamanan dari anggota Paspampres.

   Kota Solo terpilih, Gibran Rakabuming Raka menghadiri peringatan HPN di Monumen Pers, Solo, Jawa Tengah, Selasa (9/2). (MP/Ismail)
Kota Solo terpilih, Gibran Rakabuming Raka menghadiri peringatan HPN di Monumen Pers, Solo, Jawa Tengah, Selasa (9/2). (MP/Ismail)

"Pelantikan wali kota dan waki wali kota akan lebih luwes. Paspampres masih bisa melakukan pengawasan pada Gibran dan istrinya, Selvi Ananda," kata dia.

Disinggung terkait ajudan pribadi Gibran sebagai Wali Kota, Ahyani mengaku sudah menyiapkannya. Ajudan tersebut dari Aparatur Sipil Negara (ASN) lulusan IPDN

"Ajudan pribadi wali kota (Gibran) sudah kami siapkan dari ASN lulusan IPDN. Dia (Gibran) yang memilih sendiri (ajudan)," tutup dia.

Baca Juga

Gibran Janji Lanjutkan Program FX Rudy Tebus Ijazah Siswa Kurang Mampu

Ketua DPRD Solo Budi Prasetyo menambahkan setelah pelantikan virtual DPRD Solo akan menggelar serah terima jabatan pada Senin (1/3) di Gedung DPRD Solo. Serah terima jabatan dilakukan dengan mekanisme rapat paripurna.

"Sertijab nanti dilakukan antara wali kota baru (Gibran) dengan wali kota yang telah purna tugas (FX Rudy)," tandasnya. (Ismail/Jawa Tengah)

#Pilkada Serentak #Gibran Rakabuming #Solo #Kota Solo #Pemkot Solo
Bagikan
Bagikan