Paskibraka Tahun Ini Dinamai Pancasila Sakti dan Pancasila Tangguh

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 17 Agustus 2022
Paskibraka Tahun Ini Dinamai Pancasila Sakti dan Pancasila Tangguh
I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi dari Provinsi Jawa Tengah jadi pembawa sang Merah Putih. (Foto: Tangkapan Layar)

MerahPutih.com - Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dimulai tepat pada 09.45 WIB di Istana Merdeka, Rabu (17/8).

Upacara diawali dengan kedatangan Presiden RI beserta Ibu Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden RI beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin.

Baca Juga:

Susunan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi

Acara dilanjutkan dengan tembakan meriam 17 kali, sirene, beduk di masjid-masjid serta lonceng di gereja-gereja, dibunyikan selama 1 menit.

Dilanjutkan Pembacaan Naskah Proklamasi oleh Ketua DPD-RI Lanyalla Mataliti, mengheningkan cipta dipimpin oleh Inspektur Upacara Presiden Joko Widodo, Pembacaan Doa oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka selanjutnya mengibarkan Bendera Negara Sang Merah Putih, dilanjutkan dengan "Flypast" Pesawat Tempur dan Helikopter TNI AU.

Acara dilanjutkan dengan persembahan lagu-lagu oleh Paduan Suara dan Orkestra Gita Bahana Nusantara yang menyanyikan "Hari Merdeka", medley lagu daerah, "Syukur", "Ojo Dibandingke dan Joko Tingkir" oleh Farel Prayoga.

Tahun ini, pemerintah menggelar upacara secara meriah seperti dua tahun lalu sebelum pandemi, namun tetap dengan undangan dan terbatas.

Begitu pula dengan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibara) diturunkan dengan formasi lengkap 17-8-1945 Putra-putri asal 34 provinsi, pada kali ini dinamakan tim Pancasila Sakti dan Pancasila Tangguh.

I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi dari Provinsi Jawa Tengah jadi pembawa sang Merah Putih dan menerima bendera dari Presiden Joko Widodo.

Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia, S. Sos, didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Saat ini, ia menjabat sebagai Komandan Pusat Pendidikan Pelaut Komando Pendidikan Operasi Laut Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL.

Bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah Kapten Inf. Arya Dwinanda Wijayendra, S.ST.Han. Saat ini, ia bertugas sebagai Komandan Kompi Senapan A Yonmek 202/Tajimalela Brigif Mekanis 1 PAM Ibu Kota/JS Kodam Jaya.

Adapun bertindak sebagai Perwira Upacara ialah Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya. Lahir di Bangkalan, 10 November 1971, saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I/Jakarta. Dia merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1993.

Paskibraka 2022 yang anggotanya berasal dari perwakilan masing-masing provinsi di Indonesia sebelumnya telah dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (15/8) di halaman Istana Merdeka, Jakarta. Sebanyak 68 pemuda telah mengucapkan Ikrar Putra Indonesia dan siap untuk menjalankan tugasnya pagi ini.

Upacara tahun ini dihadiri sekitar 4.500 undangan dan warga, setelah dua tahun lalu dilaksanakan secara terbatas dan virtual. (Pon)

Baca Juga:

Upacara HUT RI, Jokowi Pakai Baju Adat Dolomani dari Sulawesi Tenggara

#17 Agustus #Hari Kemerdekaan #HUT RI
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan