Pasien Positif Corona di DIY Bertambah Satu, Pendatang Wajib Isolasi Mandiri Petugas medis melintasi ruang isolasi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito, Sleman, DI Yogyakarta. ANTARA FOTO/ Hendra Nurdiyansyah

MerahPutih.com - Pasien yang positif virus corona di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bertambah 1 orang. Hingga kini total ada 6 pasien yang positif terjangkit COVID-19.

Juru bicara gugus penanganan virus corona DIY, Berty Murtiningsih menjelaskan pasien tersebut merupakan seorang pria, berusia 52 tahun. Alamat di kartu identitas pasien berlokasi Jawa Timur.

Baca Juga

Pasien COVID-19 Klaster Bogor Meninggal di RSUD Dr Moewardi Solo

"Ini kasus "import". Pasien datang dari Jakarta. Tapi tempat tinggal di Jawa Timur," katanya.

Pasien dilarikan ke RSUP Sardjito Sleman sejak tanggal 18 Maret 2020. Namun hasil test positif Corona baru dikeluar pada Selasa (24/3)

Pihaknya belum mengetahui maksud dan tujuan sang pasien datang ke Yogyakarta. Pemda DIY juga tidak menemukan domisili sang Pasien di Yogyakarta.

"Laporan yang masuk ke kami tidak ada alamat di Yogyakarta. Saat ini sedang dilakukan pelacakan siapa saja yang kontak dengan beliau,"katanya.

RSUP Dr Sardjito
RSUP Dr Sardjito

Berty menjelaskan Yogyakarta saat ini cukup rawan dengan kedatangan para pendatang dari luar kota yang membawa virus Corona. Maklum saja,sejak pemberlakuan sosial distancing, banyak warga di Jabodetabek yang mudik ke kampung halaman di Yogyakarta. Disamping itu beberapa dari warga masih bandel berwisata ke kota budaya ini.

Berti mengimbau kepada para pemudik untuk melakukan isolasi secara mandiri selama 14 hari begitu tiba di Yogyakarta. Warga yang menunjukkan gejala sakit diminta segera memeriksakan diri ke puskesmas setempat.

"Kami sudah sampaikan kepada Dinkes Kabupaten dan Kota agar lebih waspada terhadap para pendatang. Para pendatang wajib diberikan edukasi untuk isolasi mandiri, dan apabila ada gejala agar ke faskes," pungkasnya.

Baca Juga

Cegah Penyebaran Virus Corona, JHL Solitaire Berhenti Beroperasi Selama 14 Hari

Berdasarkan data dari gugus penanganan Covid 19 DIY hingga Selasa 24 Maret total ada 98 pasien dalam pengawasan (PDP) yang sudah diperiksa SWAB Tenggorokan. Dari jumlah tersebut 30 orang dinyatakan negatif, enam orang positif dan 62 orang masih menunggu hasil.

Dari enam pasien yang positif, satu orang meninggal dunia dan satu lainnya sembuh. (*)

Berita ini merupakan laporan Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Kredit : patricia

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH