Pandemi Corona

Pasien Penderita Corona yang Sembuh Dipulangkan Sabtu Esok

Eddy FloEddy Flo - Jumat, 13 Maret 2020
 Pasien Penderita Corona yang Sembuh Dipulangkan Sabtu Esok
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Sabtu (7/3/2020). (FOTO ANTARA/Indra Arief)

MerahPutih.Com - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Corona Achmad Yurianto menyebut pasien corona Nomor 1 dan Pasien Nomor 3 telah sudah diizinkan pulang.

Yurianto mengatakan, kedua pasien itu belum bersedia pulang karena masih menunggu pemeriksaan laboratorium yang akan dijalani Pasien Nomor 2 yang notabene ibunda pasien no 1.

Baca Juga:

Buka Riwayat Perjalanan Pasien Corona Hanya Ciptakan Kepanikan di Masyarakat

"Insyaallah, besok (Sabtu, 14/3) negatif sehingga ketiganya Pasien Nomor 1, Nomor 2, dan Nomor 3, besok bisa diizinkan pulang,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (13/3).

Jubir Pemerintah Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto ungkap besok pasien corona pulang
Achmad Yurianto memberikan keterangan kepada awak media di Jakarta (MP/Ponco Sulaksono)

Pasien Nomor 1 dan Pasien Nomor 3 kondisinya sehat dan telah menjalani pemeriksaan laboratorium sebanyak dua kali dengan hasil negatif.

“Kita sudah mengedukasi untuk bagaimana melaksanakan self isolated dan self monitoring sampai dengan seminggu ke depan,” kata Achmad Yurianto.

Yurianto mengatakan, pemerintah juga telah menyerahkan Surat Rujuk Balik ke Puskesmas dan Dinas Kesehatan juga sudah mengetahui rencana pemulangan itu sehingga teknisnya sekarang tinggal menunggu kepulangan Pasien Nomor 2.

“Teknisnya sekarang tinggal menunggu hari kepulangan yang nomor dua. Mereka menginginkan pulang bersama-sama,” kata Yurianto.

Sementara, WNI ABK Diamond Princess yang sembuh dari penyakit Corona di Jepang akan dipulangkan malam ini.

Para ABK tersebut pulang dengan membawa surat sertifikat sembuh dari rumah sakit di Jepang.

"Sembilan orang ABK Diamond Princess yang semula sakit dan dirawat di Jepang. Malam ini sembilan sudah pulang semua dalam keadaan sembuh dengan surat sertifikat sembuh yang diberikan oleh rumah sakit dari Jepang yang rawat mereka," kata Yurianto.

Baca Juga:

Tangani Corona, Presiden Jokowi Ungkap Tak Ingin Timbulkan Kegaduhan

Yuri mengatakan ABK tersebut tak akan langsung pulang ke rumah masing-masing. Mereka akan menunggu proses observasi WNI ABK Diamond Princess di Pulau Sebaru.

"Mereka nantinya akan kita tampung sambil menunggu rombongan besarnya dulu nanti di hari Minggu akan pulang sehingga nanti bersama-sama dengan yg lainnya sebanyak 69 orang akan pulang sama-sama," pungkasnya.(Knu)

Baca Juga:

Pasien Corona Bertambah Jadi 69 Orang, Dua Diantaranya Balita

#Pasien Corona #Virus Corona #Penyakit Corona #Kementerian Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan