Pasien PDP Asal Sukoharjo yang Meninggal di RSUD Dr Moewardi Solo Positif COVID-19 Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo. (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengungkapkan satu orang positif corona atau Covid-19 meninggal di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Moewardi, Solo, Jawa Tengah. Pasien tersebut tercatat sebagai warga Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

"Ya benar ada satu tambahan pasien positif covid-19 yang meninggal dunia di RSUD dr Moewardi. Namun, itu, bukan warga saya, rumahnya Kabupaten Sukoharjo," ujar Rudy di Solo, Jumat (27/3).

Baca Juga:

Pakar Kesehatan Ungkap Pasien Corona Meninggal Tidak Tulari Virus ke Orang Lain

Rudy mengungkapkan pasien Covid-19 ini awalnya berstatus suspect Covid-19 Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Kemudian meninggal dunia pada tanggal 19 Maret lalu. Hasil tes Litbangkes Kementerian Kesehatan (Kemenkes) baru keluar pada Kamis (26/3) dinyatakan positif virus corona.

Pasien corona di RSUD Dr Moewardi meninggal dunia
Pemkot Solo menyediakan bilik disinfektan di Kantor Walikota Solo, Jumat (27/3).(MP/Ismail)

"Total per hari ini (Jumat) ada empat orang posotif Covid-19 meninggal dunia di RSUD dr Moewardi. Dua dari empat tersebut tercatat sebagai warga Solo," kata dia.

Politisi PDIP ini menegaskan warga positif Covid-19 yang meninggal dunia ini sempat bertemu dengan pejabat pejabat di Solo beserta istrinya. Namun, saat ini pejabat tersebut sudah melakukan karantina mandiri dan sudah dinyatakan sehat oleh RSUD Dr Moewardi Solo.

"Pejabat Solo itu dikarantina mandiri di rumah. Sekarang sudah boleh keluar rumah setelah dinyatakan negatif," terangnya.

Baca Juga:

Perusahaan Tidak Boleh Potong Hak Pekerja yang Terdampak Penanganan COVID-19

Rudy menambahkan karantina mandiri adalah cara ampuh memutus mata rantai virus corona. Hal itu dibuktikan belum ada tambahan pasien dari Solo dan bahkan ada yang sembuh.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Komisi VIII DPR Bakal Perkuat UU Penanggulangan Bencana



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH