Pasien Jantung Anak Melonjak Empat Kali Lipat Direktur SDM RSA UGM dr. Arief Budiyanto di bangsal pasien jantung anak RS UGM, Yogyakarta, Kamis (14/9). (MerahPutih.com/Teresa Ika)

MerahPutih.com - Jumlah pasien anak penderita sakit jantung yang berobat di RS UGM terus meningkat dari tahun ke tahun.

Dokter Bagian Spesialis Jantung RSA UGM, dr. Firman Fauzan Arief Lutfi menjelaskan jumlah pasien tahun ini saja meningkat empat kali lipat dibandingkan tahun 2016.

"Pada April 2016 tercatat ada 112 orang pasien anak yang menderita sakit jantung. Tahun ini jadi 425 pasien. Melonjak sekitar empat kali," ujar Arief melalui siaran pers di Yogyakarta, Kamis (14/9).

Direktur SDM RSA UGM dr. Arief Budiyanto mengatakan peningkatan ini terjadi sejak adanya kerjasama antara RSA UGM dengan BPJS mulai tahun 2014. Untuk itu pihak RSA telah menambah sekitar 90 tempat tidur dari semula 110 tempat tidur menjadi 200 tempat tidur.

"RSA UGM juga telah membuka Layanan IRI yang dilengkapi dengan ICCU dan PACU dna ruang inap khusus anak.," ungkapnya.

Ke depannya RSA UGM akan menambahkan fasilitas pada tiga layanan yakni bidang layanan klinik neurosains dan perilaku, layanan ginjal terpadu dan layanan tumbuh kembang anak berkebutuhan khusus. “Untuk menuju ke arah itu, kita didukung 37 dokter spesialis dan 29 dokter umum, SDM kita ada sekitar 600an,” ujar Arief. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Baca juga berita lainya dalam artikel: Kemarau, Peternak di Lereng Merapi Kini Butuh 6 Jam Kumpulkan 2 Karung Rumput


Tags Artikel Ini

Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH