Pasha Ungu Berharap Jatah Atlet Jadi PNS Ditambah Pasha Ungu. (MP/Venansius Fortunatus)

MerahPutih.com - Wakil Wali Kota Palu, Sigit Purnomo Syamsuddin Said atau Pasha Ungu mengapresiasi langkah KemenPAN RB memberikan kuota khusus atlet dalam penerimaan CPNS tahun 2017. Menurutnya sudah sepantasnya pemerintah memberikan penghargaan bagi mereka yang telah mengharumkan nama bangsa.

"Coba bandingkan dengan atlet berprestasi di negara maju. Pemerintah kasih banyak hadiah. Si atlet sampai meninggal masih meninggalkan harta banyak bagi anak turunnya. Nah kalau di Indonesia bagaimana. Makanya saya apresiasi Atlet sekarang bisa diterima jadi PNS," ujar Pasha usai gowes bareng di Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2017 di Kota Magelang, Jawa Tengah Sabtu (9/10).

Ia setuju jika para atlet berprestasi tetap harus mengikuti syarat yang ditetapkan untuk bisa jadi CPNS. Hal ini bisa memacu sang atlet untuk tak meninggalkan kemampuan akademik mereka. Dengan penghargaan jadi CPNS, Pasha menilai para atlet lebih terpacu untuk juara menyabet medali emas.

Namun ia menilai jatah CPNS bagi atlet yang berprestasi masih sedikit dibandingkan mereka yang memperoleh medali emas. Padahal jalur khusus jadi CPNS untuk para atlet masih memungkinkan untuk diperbanyak.

"Sekarang masih sedikit(kuota atlet yang diterima jadi cpns). Apa yang pemerintah beri untuk atlet juga masih sedikit. Kalau banyak kan mereka akan tercapu jadi juara," pungkas Pria kelahiran Donggala 27 November 1979 ini.

Pasalnya Pasha masih kerap mendengar cerita para atlet yang jatuh miskin dimasa tua karena tidak dapat jaminan dan penghargaan dari pemerintah Indonesia. Ia berharap agar pemerintah lebih memperhatikan kesejahteraan para atlet Indonesia.

Di acara Harionas ini, Pasha ikutan gowes menemani Menteri Pemuda Olahraga Imam Nachrowi dari lapangan Secaba hingga Stadion Moch Soebroto, Magelang. Aksi Gowes bareng ini diikuti oleh ratusan ribu warga yang berasal dari beragam daerah di Indonesia. Puluhan kepala daerah turut ikutan Gowes. Acara Bersepedah santai diadakan untuk memperingati Hari Olahraga Nasional 2017. (*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Teresa Ika, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Ikuti berita-berita menarik dari Yogyakarta dalam artikel: Kemenpora Beri Penghargaan kepada Kepala Daerah


Tags Artikel Ini

Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH