Pasca Teror KKB, Kondisi Tembagapura Diklaim Normal Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Pol Asep Adisaputra (kanan). ANTARA/Anita Permata Dewi/pri. (ANTARA/Anita Permata Dewi)

MerahPutih.com - Polri mengklaim bahwa situasi di Papua terkendali dan aktivitas masyarakat mulai normal kembali.

Kabagpenum Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra menilai, situasi di Distrik Tembagapura pascaaksi teror oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) sampai dengan hari ini dalam keadaan terkendali dan aman.

Baca Juga:

KKB Berkeliaran Lagi di Tembagapura, Polisi Imbau Masyarakat Jangan Ketakutan

"Masyarakat juga sudah melaksanakan aktivitas normal sehari-hari. Namun, tingkat kewaspadaan TNI-Polri masih terus ditingkatkan," kata Asep kepada wartawan di Jakarta, Senin (9/3).

Menurut Asep, aparat juga telah berusaha mengusir KKB yang terindikasi menduduki kampung di sekitar PT Freeport di Tembagapura.

Pasukan keamanan saat pengamanan warga dari KKB. (Humas Polda Papua)
Pasukan keamanan saat pengamanan warga dari KKB. (Humas Polda Papua)

Asep mengatakan, tidak ada penambahan personel di daerah tersebut. Total terdapat 5.000 personel yang diturunkan di wilayah Papua.

Diberitakan, sejumlah warga Distrik Tembagapura yang diungsikan ke Timika, Kabupaten Mimika, Papua, terus bertambah.

Mereka diungsikan karena beberapa KKB terus berulah di kawasan tersebut.

Baca Juga:

Ketua MPR Berkunjung ke Tembagapura, Ada Apa?

Warga yang mengungsi berasal dari empat kampung, yakni Kampung Longsoran, kampung Batu Besar, Kampung Kimbeli, dan Kampung Banti.

Warga di wilayah Tembagapura tersebut minta dievakuasi karena KKB dari berbagai wilayah di pegunungan Papua sudah berada di sekitar kampung dan menebar teror dengan menembaki pos penjagaan TNI- Polri.

Aksi yang dilakukan KKB ini tentunya membuat warga merasa terancam. Tak hanya itu, warga juga sudah mulai sulit mendapatkan kebutuhan sembako dan layanan kesehatan. (Knu)

Baca Juga:

Markas Polsek Tembagapura Diserang KKB, Satu Terluka



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH