Pasca-Mundurnya Bamsoet, Golkar Pastikan Tak Ada Forum Tandingan Bambang Soesatyo tiba untuk menyerahkan berkas pendaftaran bakal caketum Partai Golkar di DPP Partai Golkar. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/wsj.

MerahPutih.com - Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto sepakat menyatukan kubunya dengan pendukung Bambang Soesatyo pasca pengunduran diri Bamsoet sebagai caketum.

Bamsoet memastikan dirinya dengan Airlangga akan melakukan rekonsiliasi.

Baca Juga:

Mundurnya Bamsoet Dari Perebutan Ketum Golkar Rusak Proses Demokrasi

"Yang pasti saya dengan semangat yang tinggi bersama Pak Airlangga kemudian melakukan rekonsiliasi. Itulah cara-cara Partai Golkar," imbuhnya kepada wartawan di Munas Golkar, Selasa (3/12).

Ilustrasi. (ANTARA/Kliwon)
Ilustrasi. (ANTARA/Kliwon)

Sekjen Golkar Lodewijk F Paulus mengatakan, tidak ada lagi forum tandingan. Lodewijk mengatakan jika ada forum tandingan itu bagian dari demokrasi.

"Enggak ada (forum tandingan). Kalau ada forum-forum itu bagian dari demokrasi," kata Lodewijk.

Lodewijk mengatakan jika loyalis Bamsoet berkumpul, itu merupakan bagian dari masukan ke DPP Golkar.

Mereka kumpul memberi masukan. Karena sekarang temen-temen wartawan kalau kumpul di warung kopi Cikini masa kita larang mengeluarkan pendapat," ujar purnawirawan jenderal bintang tiga ini.

Baca Juga:

Sudah Dapat Jatah Ketua MPR, Bamsoet Pastikan Ikut Perebutan Ketum Golkar

Lodewijk menyebut soal posisi Ketua DPR dan Ketua MPR, dua jabatan yang telah dan sedang diemban Bamsoet.

"Mulai dari Ketua DPR dan Ketua MPR sudah dia terima," ucap Lodewijk.

Bambang Soesatyo (ANTARA/Dok)
Bambang Soesatyo (ANTARA/Dok)

Seperti diketahui, Bamsoet menyatakan mundur dari pencalonan sebagai Ketua Umum Partai Golkar. Bamsoet mengatakan hal ini dilakukan setelah dia bertemu dengan sejumlah tokoh senior Golkar.

Dia mengatakan pengunduran diri ini sebagai upaya menjaga kekompakan Golkar ke depan. Atas rekonsiliasi ini, dia mengatakan tak ada lagi kubu Bamsoet ataupun Airlangga.

"Maka dengan semangat rekonsiliasi yang telah kita sepakati bersama, maka demi menjaga soliditas dan keutuhan Partai Golkar, maka saya pada sore hari ini menyatakan tidak meneruskan pencalonan saya sebagai kandidat Ketua Umum Golkar untuk periode 2019-2024," kata Bamsoet. (Knu)

Baca Juga:

Bamsoet Mundur dari Perebutan Kursi Ketum Golkar


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH