Pasca Longsor Sumedang, 29 Warga Tewas dan 12 Orang Masih Hilang

Andika PratamaAndika Pratama - Minggu, 17 Januari 2021
Pasca Longsor Sumedang, 29 Warga Tewas dan 12 Orang Masih Hilang
Anggota tim SAR gabungan tengah melakukan upaya penyelamatan pascalongsor di Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (16/1/2021). ANTARA/HO-Humas BNPB

MerahPutih.com - Tim SAR (Search and Rescue) Gabungan kembali menemukan 3 (tiga) korban meninggal dunia akibat longsor yang terjadi di Cimanggung, Sumedang, Jawa Barat, pada Sabtu (16/1).

Merujuk data dari Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per Minggu 17 Januari 2020 pukul 03.59 WIB, total korban yang berhasil ditemukan tim gabungan berjumlah 28 orang.

Baca Juga

Banjir dan Tanah Longsor di Manado Renggut 5 Korban Jiwa

"Dan 12 orang masih dinyatakan hilang," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati dalam keterangannya, Minggu (17/1).

Petugas SAR gabungan mencari jasad korban tanah longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)
Tim SAR mencari korban akibat longsor yang terjadi di Cimanggung, Sumedang, Jawa Barat, pada Sabtu (16/1). Foto: ANTARA

Menurut Raditya, pencarian korban terkendala dengan cuaca hujan dan perlu diwaspadai longsor susulan. Pasalnya, seperti yang diinformasikan Badan Geologi, masih ada retakan di beberapa titik lokasi longsor, sehingga tim gabungan perlu menjaga keselamatan saat melakukan evakuasi.

"Tim gabungan menggunakan 4 (empat) alat berat dalam proses evakuasi korban selama beberapa hari kedepan," ujarnya.

Raditya melanjutkan, data sementara sebanyak 1.020 jiwa mengungsi terbagi di pos pengungsian Lapangan Taman Burung dan rumah kerabat yang aman dari potensi longsor.

Perlu diketahui longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat ini terjadi pada Sabtu (9/1). Longsor terjadi dua kali, pertama pukul 16.00 WIB dan longsor susulan terjadi pada pukul 19.00 WIB. (Pon)

Baca Juga

Jalur Darat Majene-Mamuju Sulbar Sudah Bisa Diakses

#Sumedang #Longsor #Tanah Longsor
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan