Pasca Banjir, RSCM akan Ujicoba Unit Radiologi Kondisi ruang radiologi di RSCM pascagenangan surut, Minggu (23/2/2020). (ANTARA/Livia Kristianti)

MerahPutih.com - Pasca diterjang banjir akibat hujan deras yang mengguyur Jakarta, pihak Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) fokus melakukan pembenahan.

Humas RSCM mengatakan, proses pengeringan alat radiologi yang terpapar genangan air telah selesai dilakukan.

Baca Juga

Banjir Jakarta Karena Pemprov DKI Tak Sigap Hadapi Air Hujan

"Pagi ini akan dilakukan uji fungsi alat tersebut bersama vendor terkait," tulis Humas RSCM dalam keterangannya, Senin (24/2).

RSCM mengatakan, pelayanan pasien radiologi akan tetap berjalan seperti biasa. "Nantinya akan dilakukan di unit yang lain seperti UGD, Kencana dan Kiara," sambungnya.

Ruang radiologi
Ruang Radiologi RSCM pasca banjir. Foto: Twitter/@anjarisme

Proses pengeringan alat radioterapi yang terpapar genangan air telah selesai dilakukan, dan pagi ini akan dilakukan uji fungsi terkait alat tersebut bersama Bapeten.

"Diharapkan alat tidak mengalami kendala dan pelayanan hanya akan terlambat dalam beberapa jam saja," imbuh RSCM.

Pihak rumah sakit tertua di Jakarta itu melanjutkan, khusus untuk pelayanan Tomo Terapi dokter akan melakukan pengalihan ke alat lain jika dimungkinkan.

"Namun bila tidak akan dilakukan proses rujukan ke RS lain sesuai koordinasi pihak RSCM," jelas RSCM.

Baca Juga

Sejumlah Alat di Ruang Radiologi dan Radioterapi RSCM Terendam Banjir

Seperti diketahui, RSCM Jakarta tergenang banjir pada Minggu (23/2) pagi. Banjir ini terjadi akibat hujan deras yang mengguyur Ibu Kota pada Sabtu malam hingga Minggu dini hari.

View this post on Instagram

Press Release Pelayanan RSCM Setelah Berita Kebanjiran . Hari ini Senin 24 Februari 2020, RSUP Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) menyampaikan beberapa hal terkait pelayanan setelah berita banjir yang terjadi kemarin, Minggu 23 Februari 2020 sebagai berikut : 1. Proses pengeringan alat radiologi yang terpapar genangan air telah selesai dilakukan, dan pagi ini akan dilakukan uji fungsi alat tersebut bersama vendor terkait. Pelayanan pasien radiologi akan tetap berjalan seperti biasa dan akan dilakukan di unit yang lain seperti UGD, Kencana dan Kiara. . 2. Proses pengeringan alat radioterapi yang terpapar genangan air telah selesai dilakukan, dan pagi ini akan dilakukan uji fungsi terkait alat tersebut bersama Bapeten. Diharapkan alat tidak mengalami kendala dan pelayanan hanya akan terlambat dalam beberapa jam saja. . 3. Khusus untuk pelayanan Tomo Terapi dokter akan melakukan pengalihan ke alat lain jika dimungkinkan , namun bila tidak akan dilakukan proses rujukan ke RS lain sesuai koordinasi pihak RSCM . Demikian disampaikan untuk menjadi maklum . Humas RSCM . . #rscm #jakarta #banjir #rumahsakit #hospital #kesehatan #health

A post shared by RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo (@rscm.official) on

Beberapa ruangan dan tempat parkir di RSCM Jakarta didatangi air banjir. Salah satu petugas mengatakan, genangan terparah berada di salah satu ruangan di Departeman Radiologi. Tinggi air sempat mencapai 50 sentimeter atau sepaha orang dewasa.

Kapusdatinkom BNPB Agus Wibowo mengatakan banjir mengakibatkan sejumlah alat kesehatan di RSCM rusak.

"RSCM banjir di bagian Radiologi. Alat yang kebanjiran: Stationary xray ceiling, fluoroscopy, mammography, stationary xray floor, mobile xray, 2 unit CT scan, 1 unit ultra sound 'accuson' terendam, seluruh PACS sistem di ruang baca diduga terendam, 1 unit MRI siemens terendam," tulis Agus Wibowo.

Baca Juga

Pemprov DKI: Penyebab RSCM Terendam Banjir Karena Luapan Air Sungai

Agus Wibowo mengatakan timnya tengah mendata secara detail terkait banjir RSCM. Perkembangan terbaru akan diinformasikan.

"Pendataan secara detail banjir DKI Jakarta RSCM sedang dilakukan. Akan diupdate jika sudah lengkap datanya," jelas Agus Wibowo. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH