Pasar Malem Sekaten Resmi dibuka, Ini Permainan Menarik di Dalamnya Permainan di Pasar Malem Sekaten Yogyakarta (MP/Teresa Ika)

PASAR Malem Perayaan Sekaten (PMPS) tahun 2017 resmi dibuka oleh Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam. PMPS tahun ini akan digelar selama 20 hari, pada 10-30 November 2017 di Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta.

Wakil Ketua Panitia PMPS 2017, Sri Harnani, menjelaskan ada sekitar 486 stand yang disediakan Pemkot Yogyakarta untuk disewakan pada warga umum. Stand ini terbagi menjadi empat Zona yakni Zona A, B, C, D.

"Stand PMPS zona A, B, C dipergunakan untuk stand yang menjual pakaian, kebutuhan rumah tangga, pernak pernik dan kuliner. Dalam Zona tersebut terdapat pula area bermain anak dan dewasa," ujar Sri Harnari di Yogyakatta, Jumat (10/11).

Sementara pada zona D, Panitia menyiapkan ratusan stand gratis untuk instansi pemerintahan serta UMKM bimbingan Pemkot. Stand ini diisi dengan anjungan pemerintah, seperti panggung kesenian serta stand UMKM.

"Stand ini biasa digunakan untuk memaperkan potensi seluruh Kecamatan dan UMKM di Kota Yogyakarta," jelasnya.

Warga yang menyewa stand bebas menjual produk pakaian hingga kuliner di acara tahunan ini. Harga sewa tiap stand bervariasi mulai dari Rp3500- Rp6000 per meter persegi per hari. Besarannya bergantung pada ukuran stand tersebut.

Permainan di Pasar Malem Sekaten Yogyakarta (MP/Teresa Ika)

Pantauan Merahputih.com pada area bermain anak-anak terdapat wahana permainan kincir angin, komedi putar, mandi bola, kereta putar dan bom bom car. Sementara area bermain dewasa ada permainan tong setan dan ombak goyang dan kora-kora.

Sementara di stand produk sebagian besar stand menjual baju-baju murah. Ada baju "awul-awul" yakni baju bekas layak pakai yang dibandrol dari harga mulai dari Rp5ribu. Disisi lain tampak stand tarot pembaca nasib. Sementara di stand makanan, beragam makanan dari makanan tradisional seperti gudeg, bakmi Jawa hingga makanan kekinian seperti hamburger dan gulali.

PMPS dibuka untuk meramaikan dan menyambut upacara sekaten. Upacara Sekaten biasa dilakukan pada tanggal 5 bulan Jawa Mulud untuk memperingati Maulud Nabi. (*)

Berita ini merupakan laporan Teresa Ika, kontributor Merahputih.com, untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH