Pasar Kratif Bandung Diharapkan Bikin UMKM Dapat Pasar Baru Saat PPKM

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 24 September 2021
Pasar Kratif Bandung Diharapkan Bikin UMKM Dapat Pasar Baru Saat PPKM
Pasar Kreatif di 23 Paskal, Kamis 23 September 2021. (Foto: Humas Kota Bandung)

MerahPutih.com - Pasar Kreatif Kota Bandung 2021 yang saat ini tengah berlangsung walaupun sedang PPKM, diharapkan mampu membuka pasar baru bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ikut pameran yang diselenggarakan hingga November mendatang di 9 titik pusat perbelanjaan di Kota Bandung.

"Tentunya kami ingin memfasilitasi para UMKM yang ada di Kota Bandung agar bisa memperluas pasar," ucap Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat mengunjungi Pasar Kreatif di 23 Paskal, Kamis (23/9).

Baca Juga:

Aplikasi PeduliLindungi Bakal Dikembangkan untuk Pembayaran UMKM

Ia pun berharap, hadirnya Pasar Kreatif bisa mendorong semangat para pelaku UMKM untuk kembali pulih.

"Mudah-mudahan dengan adanya dorongan seperti ini setidaknya nanti bisa membantu juga pertumbuhan ekonomi di Kota Bandung," imbuhnya.

Yana terus mengingatkan peserta Pasar Kreatif untuk tetap patuh terhadap protokol kesehatan. Agar ekonomi bisa tetap berjalan dan kasus Covid-19 semakin terkendali.

"Meski pandemi kita relaksasi tapi dengan kehati-hatian. Kita lihat sekarang alhamdulillah mulai menggeliat lagi ekonominya," ucapnya.

Sebelumnya, Yana meminta kepada para pelaku UMKM di Kota Bandung agar tetap berinovasi dan berkreasi di tengah pandemi COVID-19.

"Kami dari Pemerintah Kota Bandung selalu menekankan kepada para pelaku UMKM untuk terus berinovasi dan berkreasi. Tentunya kami tidak pernah berhenti membantu teman-teman UMKM,” tuturnya.

Yana memastikan, meski belum bisa memberikan bantuan permodalan karena adanya keterbatasan anggaran, Pemkot Bandung akan terus berupaya membantu memfasilitasi para pelaku UMKM untuk bisa mendapat bantuan.

Pasar Kreatif Bandung. (Foto: Humas Kota Bandung)
Pasar Kreatif Bandung. (Foto: Humas Kota Bandung)

"Tahun 2021 ini kami juga mengusulkan 120 ribu pelaku usaha untuk mendapat bantuan dari Pemerintah Pusat sebesar Rp1,2 juta dan bantuan dana hibah usaha sebesar Rp3-15 juta," bebernya.

Kepala Disdagin Kota Bandung, Elly Wasliah menyebutkan, Pasar Kreatif Bandung 2021 merupakan program unggulan Disdagin atas kerja sama dengan Dekranasda Kota Bandung dan didukung oleh Asosiasi Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) DPD Jawa Barat.

"Ada wajah baru di Pasar Kreatif Bandung 2021 yaitu 60 persen atau 151 pelaku UMKM tahun 2020 dan 40 persennya atau 101 UMKM yang baru terlibat," terangnya.(Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Pulihkan Penjualan UMKM, Bandung Gelar Pasar Kreatif Selama 2 Bulan

#Pasar Murah #UMKM #UMK #UKM/UMKM #Kota Bandung #Produk UMKM #Produk Kreatif #Pemulihan Ekonomi
Bagikan
Bagikan