Pasar idEA Ramai Dikunjungi Pencinta Game Pasar idEA dihadiri banyak gamers (Foto: Istimewa)

BERKEMBANGNYA era digital Indonesia ikut mendorong kemajuan berbagai industri lainnya. Termasuk industri video game. Bisa kita saksikan, kini hampir semua orang bermain game di gadget mereka. Tak heran jika Indonesia menjadi negara pasar industri game terbesar ke-16 di dunia. Terbesar di Asia Pasifik. Mengalahkan India dan Tiongkok sebagai negara dengan jumlah pemain game terbanyak.

Berangkat dari gagasan tersebut, Pasar idEA menghadirkan marketplace game. Menarik perhatian para pencinta game, dengan mendatangkan berbagai marketplace e-commerce yang juga telah 'melihat' potensi besar ini. Pasar idEA berlangsung selama empat hari, 15-19 Agustus 2019.

Baca juga:

Pasar idEA Dorong Indonesia Menuju Negara Ekonomi Digital Terbesar 2020

Berbagai raksasa e-commerce, termasuk Tokopedia dan Blibli, berlomba menawarkan promo besar-besaran untuk gamers. Dari voucer diskon cashback hingga perangkat game dengan harga bersahabat. Penawaran ini pun tak dilewatkan pencinta game yang datang ke Pasar idEA.

Pasar idEA Ramai Dikunjungi Pencinta Game
Pengunjung menjajal teknologi virtual reality (Foto: Istimewa)

Tidak hanya e-commerce, Pasar idEA juga mendatangkan beberapa komunitas game. Di antaranya Republic Games & Collectors Indonesia (RCGI) dan Indoesport. Selama empat hari, komunitas tersebut menggelar kompetisi game. Menawarkan hadiah hingga jutaan rupiah.

Baca juga:

Berburu Mainan dan Komik di Jakarta Toys and Comics Fair 2019

Beberapa kompetisi game dihelat, di antaranya merupakan game terlaris dimainkan di Indonesia saat ini. PUBG dan Mobile Legend, menjanjikan hadiah kupon undian untuk pemenangnya. Game online 'lama' juga ikut dilombakan, AyoDance. Total hadiahnya mencapai Rp 5 juta.

Pasar idEA Ramai Dikunjungi Pencinta Game
Gamers asyik bermain konsol game retro (Foto: Istimewa)

Tak ketinggalan game-game lawas dihadirkan selama Pasar idEA berlangsung. Komunitas RCGI menghadirkan Retro Arena. Mengajak pencinta game bernostalgia lewat game-game lawas. Mengenalkan kembali generasi baru pada berbagai game retro. Diperkenalkan melalui kompetisi game balap Crash Team Racing (CTR) dari PS1, juga game pertarungan Tekken 3 menggunakan konsol Bartop Heroes.

Seperti tujuannya. Pasar idEA berusaha untuk merangkul berbagai pihak, termasuk pencinta game. "Kami ingin agar Pasar idEA tak hanya menjadi wisata belanja saja, dinikmati sebagai wadah untuk para pecinta game untuk berkumpul.” Seperti yang dikatakan Ignatius Untung, Ketua dari idEA. (adp)

Baca juga:

Pengembangan Creativepreneur Perlu Dukungan Pemerintah



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH