Pasangan yang Saling Setia Bisa Ketahuan dari 3 Tanda Ini Kesetiaan dan loyalitas merupakan fondasi hubungan yang kuat. (Foto: themustangtimes.com)

KESETIAAN merupakan salah satu fondasi yang paling dibutuhkan dalam membangun hubungan romantis. Berkomitmen untuk mencintai hanya satu orang saja memang bukan hal yang mudah. Tidak heran, ketidaksetiaan pasangan sering menjadi alasan utama kandasnya hubungan percintaan.

Meskipun begitu, apa yang disebut sebagai setia tidak melulu tentang hadirnya orang ketiga. Bagi sebagian besar orang, tidak setia sering diartikan sebagai selingkuh, dan ketika ia tidak selingkuh, artinya ia setia. Sesungguhnya, kesetiaan tidak sesimpel itu.

Baca juga:

Jatuh Cinta tak Bisa Buru-Buru, Butuh Waktu

Ketika kamu ingin berkomitmen terhadap seseorang, maka kamu juga berkeinginan untuk jujur atas segala hal kepada orang tersebut. Loyalitas melampaui kesetiaan. Loyalitas adalah bersikap jujur kepada satu sama lain tentang perasaan dan pikiranmu tanpa takut konsekuensi yang akan ditanggung nantinya.

1. Jangan pernah berbohong, meskipun itu hal kecil

Pasangan yang Saling Setia Bisa Ketahuan dari 3 Tanda Ini
Loyalitas adalah kunci. (Foto: CLEO Singapore)

Meskipun kebohongan kecil terkadang bisa menyelamatkan hidupmu, namun kamu tidak seharusnya berbohong jika kamu menginginkan hubungan yang penuh loyalitas.

Katakanlah jika kamu sedang ngobrol dengan teman yang pernah menjadi teman spesialmu ketika SMA, atau jika kamu tidak menyukai masakannya yang kurang enak, atau ketika ia terlihat gendut menggunakan pakaian yang ia kenakan.

Hubungan romantis harus memiliki tujuan yang visioner. Segala ugly truth yang kalian utarakan pastinya akan menimbulkan masalah, namun segala masalah bisa kalian cari penyelesaiannya berdua. Seperti kata pepatah, ugly truths are better that sweet lies.

Cobalah untuk selalu bersikap jujur kepada satu sama lain. Coba untuk menghormati pasanganmu dengan tidak berbohong, dan sadari bahwa mereka pantas mendapatkan segala kejujuran dari perilakumu.

Baca juga:

Lambat Move On Berefek pada Kesehatan Jantung

2. Bertahan dalam suka dan duka

Pasangan yang Saling Setia Bisa Ketahuan dari 3 Tanda Ini
Coba untuk selalu ada dalam suka dan duka. (Foto: elitedaily.com)

Tidak selamanya pacaran itu hanya tentang kebahagiaan. Jika kamu mencintai pasanganmu, coba untuk selalu ada dalam suka maupun duka. Jadi seseorang yang bisa diandalkan dan tunjukkan bahwa kamu perduli dan ingin membantu mereka sepenuh hati.

Jika kamu yang sedang dalam situasi yang tidak enak, tidak seharusnya juga kamu malu atau sungkan untuk menunjukkan sisi lemah dan rentanmu kepada pasanganmu. Menunjukkan sisi lemah juga mengartikan bahwa kamu mempercayai pasanganmu.

Ekspresikan perasaan, keadaan, serta emosi yang kamu rasakan. Jika pasanganmu menghormatimu seperti selayaknya, maka ia akan menghargaimu yang sudah ingin menunjukkan sisi lemah dan rentanmu di depan mereka, dan akan terus mendukung kamu ke arah yang lebih positif.

3. Jangan melakukan sesuatu yang membuatmu harus menyembunyikannya dari pasangan

Pasangan yang Saling Setia Bisa Ketahuan dari 3 Tanda Ini
Jangan menyembunyikan sesuatu dari pasanganmu. (Foto: PlayJunkie)

Ketidaksetiaan tidak selalu tentang berselingkuh secara fisik.Jika kamu mulai membangun ikatan dengan orang lain, meskipun itu bukan ikatan secara fisik, kamu telah menjadi pasangan yang tidak loyal.

Jika kamu mulai berkenalan dengan seseorang secara diam-diam, saling merayu secara online, atau bahkan suka dengan orang lain, artinya kamu juga sudah berselingkuh.

Jika kamu harus melakukan sesuatu yang kamu rasa harus kamu tutup-tutupi dari pasanganmu, itu bisa saja merupakan pertanda burung, dan itu hampir menyentuh batas ketidaksetiaan dalam hubungan. Loyalitas artinya tidak menyembunyikan apa pun dari pasanganmu, apalagi berbohong. (shn)

Baca juga:

Milenial, Ini Dia Cara Ampuh Atasi Stres Akibat Permasalahan dalam Berteman



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH