Pasangan Menikah Cenderung Lebih Gemuk Dibandingkan yang Lajang Pasangan menikah cenderung memiliki berat badan lebih. (Foto: pixabay)

LAJANG atau sudah menikah, berat badan biasanya jadi masalah masing-masing. Lalu, menurut Anda gimana nih, yang punya berat badan ideal, mereka yang masih lajang atau yang sudah menikah? Ternyata menurut laman Independent, mereka yang memiliki status menikah cenderung memiliki berat badan lebih berat dibandingkan mereka yang masih melajang.

Periset di Central Queensland University di Australia melakukan penelitian dengan sampel 15 ribu orang dewasa, hampir tiga perempat di antaranya sudah menikah. Tujuan penelitian tersebut untuk mengetahui apakah pasangan menikah memiliki pola hidup sehat atau sebaliknya.

Rata-rata sampel ialah pria dan wanita berusia 52 tahun dengan data dari survei tahunan yang dilakukan selama periode sembilan tahun dari tahun 2005 hingga 2014. Hasil dari penelitian yang dipimpin oleh Stephanie Schoeppe mereka yang sudah menikah memang memiliki pola hidup sehat.

Mereka menghindari pola hidup tidak sehat seperti merokok, dan meminum alkohol. Nutrisi kesehatan mereka terjamin dengan rutin menghadirkan buah dan sayur dalam menu makanan sehari-hari. Bahkan, pasangan menikah juga menghindari junkfood, yang secara umum menjadi faktor obesitas lantaran mengandung banyak lemak dan kalori.

Menariknya, selain menemukan hal tersebut, Schoeppe bersama timnya juga mendapati bahwa pasangan menikah nyatanya cenderung memiliki berat badan berlebih dibandingkan mereka yang lajang. Lantas kenapa hal itu bisa terjadi, mengingat mereka telah menjalani pola hidup sehat?

burger
(Foto: pixabay)

Schoeppe memiliki analisis beragam. Penyebab pasangan menikah cenderung memiliki berat badan menikah salah satunya adalah kurangnya kesadaran untuk tampil ideal. Maklum, sudah punya pasangan mau tebar pesona dengan siapa lagi. Untuk wanita sendiri penyebabnya ialah pengaruh memiliki anak. Pasca melahirkan wanita akan lebih gemuk.

"Saat seseorang memiliki pasangan mereka tidak peduli dengan penampilan langsing ataupun menarik. Mereka nyaman dengan porsi makan yang banyak, meliputi makanan tinggi lemaka dan gula," jelas Schoeppe kepada New Scientist.

Lebih lanjut, berat badan akan semakin naik bagi pasangan yang sudah memiliki anak. Saat makanan anak mereka tidak habis, orangtua akan siap 'menampungnya'. Apalagi tidak jarang makanan tersebut ialah cemilan, bisa dibayangkan berapa kalori yang terkandung.

Demikian pula bagi para pengantin baru. Saat memulai kehidupan pernikahan berat badan mereka semakin meningkat. Hal ini dikuat dengan hasil studi yang dilakukan Universitas Glasgow, Skotlandia. Para penelit menemukan pada tahun pertama setealah menikah, berat badan penganten baru bisa meningkat hingga 2 kilogram.

Nah, bagi para pasangan yang sudah menikah ini bisa jadi peringatan untuk kalian. Tidak ada salahnya kan menjaga penampilan meskipun Anda sudah memiliki pasangan yang setia? Ayo jaga pola makannya ya. (ikh)

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH