Pasangan Maming-Rakhman Berpeluang Menang di Tanah Bumbu

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 03 Desember 2020
Pasangan Maming-Rakhman Berpeluang Menang di Tanah Bumbu
Ilustrasi - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak saat pandemi COVID-19. (ANTARA/Ardika/am).

MerahPutih.com - Indonesia Politica Studies memberikan hasil survei Pilkada Tanah Bumbu dengan menunjukkan pasangan Syafruddin H. Maming-M. Alpiya Rakhman (SHM-MAR) berpeluang menang di Pilkada Tanah Bumbu 2020.

Survei dilakukan melalui penarikan sampel dari tanggal 9 November-27 November 2020, dengan hasil Syafruddin H. Maming-M. Alpiya Rakhman saat ini unggul dari 2 pasangan lawannya.

"Jika tidak banyak perubahan terjadi pasangan ini akan menang," kata Direktur Eksekutif Indonesia Politica Studies, Amri dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (3/12).

Baca Juga

KPU Gunung Kidul Optimistis Partisipasi Pemilih Capai 80 Persen

Amri menjelaskan telah melakukan survei dengan metode mutlistage random sampling di setiap desa dengan cara diwawancarai lewat tatap muka dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan.

Hasilnya, kata Amri, duet SHM-MAR memperoleh elektabilitas 42,4 persen, disusul pasangan Zairullah dan M Rusli dengan total elektabilitas 40,9 persen, pasangan Mila Karmila dan Zainal Arifin dengan total elektabilitas 5,5 persen, dan yang masih belum menjawab dan belum menentukan pilihannya sebesar 11,2 persen.

"Hasil survei tersebut merupakan total hitungan dari semua point yang diwawancari dari masyarakat Tanah Bumbu dengan point-point utama yaitu, masyarakat melihat para calon dari pengenalan popularitas, rekam jejak, dan visi-misi yang akan di bawa untuk membangun Tanah Bumbu ke 5 tahun ke depan," sambungnya.

Syafruddin H. Maming. Foto: Istimewa

Amri menjelaskan bahwa pasangan SHM-MAR melekat pada sosok Mardani H. Mmaing yang kini menjabat Ketum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) dan juga pernah menjabat sebagai Bupati Dua Periode di Tanah Bumbu.

"Pasangan SHM-MAR ini kan melekat pada figur saudaranya Mardani H. Maming. Bagaimanapun sudah banyak memberikan program dan kontributi terbaik untuk rakyat Tanah Bumbu. Ini menjadi poin penting juga bagaimana masyarakat Tanah Bumbu tergerakkan," sambungnya.

Ia juga menilai, dilihat dari sisi program SHM-MAR ingin kembalikan program yang positif seperti beasiswa pendidkan dan kesehatan menjadi hal yang dinantikan masyarakat

"Masih ada yang belum menentukan pilihan sebesar 11,2% ini yang akan membawa kemenangan pasangan calon di 9 Desember 2020 nanti," pungkasnya

Amri menambahkan, survei ini bisa digunakan untuk rujukan, tolak ukur masyarakat Tanah Bumbu melihat nilai-nilai yang diharapkan untuk menjadi sosok pemimpin.

Survei ini dilakukan dengan metode pengisian kuesioner untuk memastikan keakuratan hasil dengan margin of error 3,58 persen. (*)

Baca Juga

Waspadai Konflik Terjadi Jelang Pemungutan Suara Pilkada Serentak

#Pilkada Serentak #Pilkada 2020
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan