Pasangan Calon Independen Penuhi Syarat Jumlah Dukungan di Pilwalkot Solo Ketua KPU Solo, Jawa Tengah, Nurul Sutarti, Minggu (23/2). (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo, Jawa Tengah telah menetapkan pasangan Bagyo Wahyono dan FX Supardjo (Bajo) telah memenuhi syarat dukungan sebagai calon independen di Pilwakot Solo 2020.

Penetapan pasangan yang bekerja sebagai penjahit baju dan ketua RW tersebut dilakukan dalam rapat pleno terbuka dengan dihadiri Bawaslu Solo sebagai saksi dan pasangan Bajo di kantor KPU Solo, Minggu (23/2).

Baca Juga:

Belum Keluarkan Rekomendasi, Pengamat Nilai PDIP Sengaja Tunggu Lawan di Pilwalkot Solo

Ketua KPU Solo Nurul Sutarti, mengatakan butuh waktu selama dua hari bagi KPU Solo melalukan pengecekan dan perhitungan ulang 41.425 syarat minimal dukungan milik pasangan Bajo yang telah serahkan KPU pada Jumat (21/2). Hasil pengecekan yang lolos administrasi sebanyak 36.006 e-KTP tersebar di lima kecamatan di Kota Solo.

Pasangan Bajo, Calon independen di Pilwalkot Solo penuhi syarat jumlah dukungan
Pasangan Bagyo Wahyono dan FX Supardjo (Bajo) menyerahkan syarat dukungan di KPU Solo, Jawa Tengah, Jumat (21/2). (MP/Ismail)

"Kami telah menetapkan pasangan Bajo memenuhi syarat jumlah dukungan dengan mengumpulkan sebanyak 36.006 e-KTP," ujar Nurul kepada awak media termasuk merahputih.com di Solo, Minggu, (23/2).

Nurul mengatakan pasangan Bajo pada Jumat (21/2) menyerahkan syarat dukungan ke KPU Solo untuk maju jalur perseorangan sebanyak 41.425 e-KTP. KPU melakukan pengecekan dan perhitungan syarat minimal dukungan selama dua hari.

"Hasil pengecekan dan perhitungan syarat minimal dukungan, hanya 36.006 e-KTP yang memenuhi syarat administrasi. Sisanya 5.419 e-KTP tidak lolos administrasi," kata Nurul.

Nurul mengatakan melihat data tersebut sebanyak 36.006 syarat dukungan milik pasangan Bajo ini sudah memenuhi syarat minimal bakal calon independen di Pilwakot Solo, yakni sebanyak 35.870 e-KTP. KPU setelah ini melakukan verifikasi faktual di lapangan mulai tanggal 26 Februari sampai 15 Maret 2020.

KPU Solo melakukan verifikasi dukungan terhadap pasangan Bajo calon independen di Pilwalkot Solo
KPU Solo, Jawa Tengah menetapkan pasangan Bagyo Wahyono dan FX. Supardjo (Bajo) lolos administrasi calon independen, Minggu (23/2). (MP/Ismail)

"Kami akan ambil sampel di lapangan apakah benar-benar masyarakat mendukung Bajo atau seperti apa. Pasangan Bajo ini belum mengantongi tiket untuk bisa mendaftar sebagai calon independen karena berkas syarat dukungan belum dilakulan verifikasi faktual," kata dia.

Baca Juga:

Pengasuh Ponpes Berniat Maju Jalur Independen Pilwakot Solo, Hadiahi KPU Solo Alquran

Ketua Timses pasangan Bajo, Sutrisno, mengatakan ditetapkannya pasangan Bajo ini sebagai bentuk kerja keras komunitas Komunitas Tikus Pithi Hanata Baris yang telah sukses mengumpulkan KTP.

"Rakyat kecil berpihak pada kami. Untuk menindak lanjuti tahapan berikutnya verifikasi faktual, semoga tuhan dan wong cilik masih berpihak pada Bajo," pungkasnya.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah,

Baca Juga:

Tanggapi Pernyataan Mega, Ketua DPC PDIP Solo: Kalau Anaknya Tak Mampu, Jangan Dipaksakan, Dong



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH