Partisipasi Pemilih di Kampung Jokowi Capai 95 Persen, Wali Kota Solo Hadiahkan Seekor Kambing Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo memberikan hadiah seekor kambing kepada petugas KPPS atas prestasi partisipasi pemilih mencapai 95 persen di Pemilu 2019 (Foto: MP/Ismail)

MerahPutih.com - Sebanyak 61 dari 1.734 TPS di Solo, Jawa Tengah diketahui mencatat partisipasi pemilih mencapai 95 persen.

Atas keberhasilan tersebut, anggota kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di 61 TPS tersebut bakal diberikan hadiah oleh Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo berupa satu ekor kambing.

"Kami sebelum Pemilu 17 April pernah menjanjikan akan meberikan hadiah berupa satu ekor kambing bagi TPS yang angka partisipasi pemilihnya mencapai 95 persen," ujar Rudy sapaan akrab Wali Kota Solo, Selasa (7/5).

Hasil pendataan tim desk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 Pemkot Solo ada sebanyak 61 TPS yang layak menerima hadiah berupa satu ekor kambing. Data tersebut sifatnya baru sementara belum final.

Rapat rekapitulasi perhitungan suara di KPUD Solo
KPU Solo menggelar rapat rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019 di The Sunan Hotel, Solo, Jawa Tengah, Senin (6/5). (MP/Ismail)

"Kami juga masih menunggu data resmi dari KPU Solo TPS mana-mana saja yang mencatat partisipasi pemilihnya mencapai 95 persen," ujar Rudy.

Politisi PDIP ini optimistis jumlah TPS yang mendapatkan hadiah kambing akan bertambah banyak jika melihat presentase pemilih tingkat Kota Solo pada Pemilu 2019 mencapai 85 persen. Angka itu naik empat persen jika dibandingkan Pemilu 2014.

"Kami berikan hadiah kambing ini bertujuan agar warga datang ke TPS dan tidak golput. Ternyata efektif membuat warga berbondong-bondong datang menyoblos supaya TPS-nya dapat hadiah kambing," papar dia.

Sebelumnya pemberian hadiah kambing bagi TPS yang mencatat partisipasi pemilihnya sangat tinggi pernah dilakukan Pemkot Solo pada Pilgub Jawa Tengah 2018. Namun, pada waktu itu syaratnya hanya 80 persen partisipasi pemilih.

Rapat rekapitulasi perhitungan suara di KPUD Solo
KPUD Solo menggelar rapat rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2019 (MP/Ismail)

"Tahun lalu pada Pilgub 2018 Jawa Tengah ada ratusan TPS yang partisipasi pemilihnya mencapai 80 persen. Kami pada Pemilu 2019 menaikkan syaratnya menjadi 95 persen," papar dia.

Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti mengaku belum berani membeberkan TPS mana saja yang partisipasi pemilihnya mencapai 95 persen. KPU harus hati-hati karena ini menyangkut pemberian hadiah yang dijanjikan Wali Kota Solo.

"Kita akan koordinasi dengan Pemkot Solo terkait data TPS yang partisipasi pemilihnya mencapai 95 persen," papar Nurul Sutarti.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH