Partai Ummat, Kendaraan Politik Baru Amien Rais Pendiri Partai Ummat, Amien Rais. Foto: Youtube Amien Rais Official

MerahPutih.com - Tokoh reformasi, Amien Rais mengumumkan nama partai barunya yakni Partai Ummat. Pembentukan Partai Ummat setelah dirinya dipecat dari Partai Amanat Nasional (PAN) pimpinan Zulkfli Hasan.

Pengumuman pendirian Partai Ummat, disampaikan Amien Rais melalui akun Youtube pribadinya, Kamis (1/10). Mantan Ketua MPR ini menyatakan partainya dibentuk atas dasar perintah Al-Quran.

"Al-Quran mendorong umat beriman agar dalam mengarungi kehidupan di dunia mereka senantiasa melaksanakan dua perintah Allah SWT secara serentak. Pertama, melakukan al amru bil ma'ruf dan nahyi mungkar yakni memerintahkan tegaknya kebajikan dan memberantas keburukan," kata Amien Rais

Baca Juga

Rencana Pembentukan Partai Baru oleh Amien Rais Dinilai Sia-sia Belaka

Kedua, perintah Al-Quran untuk menegakkan keadilan dan memberantas kezaliman. Amien mengatakan, perintah pertama pada level personal, dan komunal (mikro). Perintah kedua bergerak lebih pada tataran nasional level makro dan berkaitan erat dengan masalah kekuasaan.

"Sejarah umat manusia menunjukan bahwa hanya negara yang mampu melakukan kezaliman kolosal, tetapi sebaliknya pula hanya negara yang dapat menegakkan keadilan secara merata," tegasnya.

Menurutnya, dengan memiliki sarana dan aparat yang lengkap, serta kekuasaan yang paling besar, negara dapat melancarkan kezaliman politik, kezaliman ekonomi, kezaliman sosial, kezaliman hukum, bahkan kezaliman kemanusiaan.

"Namun hanya negara pula yang dapat menegakkan keadilan bagi semua rakyatnya. Semua tergantung pada pemerintah yang sedang berkuasa, apakah sedang membela kepentingan rakyat dan umat atau sebaliknya sedang membela konglomerat dan korporatokrat," pungkasnya. (Pon)

Baca Juga

Amien Rais Enggak Sekuat Saat Era Reformasi, Partai Barunya Diragukan Bisa Lolos PT

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH