Partai Politik Prabowo-Sandi Diminta Kontrol Pemerintah Sekjen Partai NasDem, Johnny G Plate (Antaranews)

Merahputih.com - Partai NasDem berharap partai-partai politik kubu 02 tetap berada di luar pemerintah untuk melakukan kontrol dengan memberikan kritik-kritik membangun. Sehingga pemerintahan akan berjalan hati-hati dan lebih baik.

"Kalau semua partai politik berada dalam pemerintahan, maka tidak ada kontrol lagi, sehingga demokrasi tidak berjalan baik," ujar Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johny G Plate, Jumat (12/7).

Baca Juga: Cak Imin Manfaatkan Ma'ruf Amin Untuk Jadi Ketua MPR

Di Indonesia sendiri, kata dia, tidak kenal istilah oposisi dalam sistem presidensial. Yang ada adalah partai-partai politik di luar pemerintahan disebut sebagai penyeimbang.

"Sebagai partai penyeimbang, maka tugasnya melakukan kritik-kritik konstruktif terhadap kebijakan pemerintah yang dinilai tidak populer," ungkap dia.

Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate di Posko Cemara, Jakarta Pusat (MP/Fadhli)

"Berada di dalam pemerintahan dan berada di luar pemerintahan, sama-sama tugas mulia dalam membangun bangsa dan negara," sambung dia.

Baca Juga: Cak Imin Berharap PKB Dapat Jatah 10 Menteri dan Ketua MPR

Kalau partai penyeimbangnya kuat, menurut dia, maka kontrol terhadap pemerintah atau 'chek and balance' akan berjalan efektif sehingga pemerintahan juga akan berjalan baik. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH