Partai Gerindra Raih Posisi Mayoritas di Kursi DPRD Provinsi Banten Rapat Pleno terbuka KPUD Banten terkait penetapan DPRD dan nama-nama anggota hasil Pemilu 2019 (Foto: antaranews)

MerahPutih.Com - Partai Gerindra berhasil mengalahkan PDI Perjuangan dalam perebutan posisi mayoritas di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD) Provinsi Banten untuk perideo 2019-2024. Partai pimpinan Prabowo Subianto itu mendapat 16 kursi sedangkan PDIP 13 kursi.

Kemenangan Gerindra itu ditetapkan dalam rapat pleno terbuka KPUD Banten di Cilegon, Senin (12/8). Rapat pleno tersebut juga mengumumkan nama-nama calon anggota DPRD Banten terpilih hasil Pemilu 2019.

Baca Juga: KPK Resmi Tetapkan Dua Anggota DPRD Banten Jadi Tersangka

Dari 85 kursi, Partai Gerindra memperoleh kursi terbanyak yakni 16 kurai, disusul PDI Perjuangan 13 kursi dan Partai Keadilan Sejahtera serta Partai Golkar yang sama-sama memperoleh 11 kursi di DPRD Banten.

Dalam pleno KPU Banten tersebut, empat dari enam belas partai politik yang ikut pada Pemilu 2019 lalu, tidak memperoleh kursi DPRD Provinsi Banten.

Rapat Pleno terbuka KPUD Banten
Rapat plebo terbuka KPUD Banten terkait anggota DPRD hasil Pemilu 2019 (Foto: antaranews)

"Pada rapat ini Alhamdulillah lancar, tidak ada yang protes. Jadi jelas semuanya," kata Ketua KPU Banten Wahyul Furqon.

Selain Gerindra, PDI Perjuangan, PKS dan Golkar, posisi berikutnya perolehan kursi di DPRD Banten ditempati Partai Demokrat yang mendapatkan 9 kursi, PKB 7 kursi, PAN mendapatkan 6 kursi. Selanjutnya PPP memperoleh lima kursi, Partai Nasdem empat kursi, Hanura 1 kursi, PSI satu kursi dan Partai Berkarya mendapatkan satu kursi.

Baca Juga: Hashim Djojohadikusumo Beberkan Hasil Survei Internal Gerindra Terkait Elektabilitas Prabowo-Sandi

Sedangkan empat partai dari 16 partai peserta pemilu 2019 yang tidak memperoleh kursi di DPRD Banten yakni Partai Garuda, PBB, PKPI dan Partai Perindo.

Ketua KPU Banten Wahyul Furqon sebagaimana dilansir Antara mengingatkan kepada partai politik agar anggotanya yang terpilih di DPRD Banten agar segera melengkapi berkas laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN), sebagai salah satu syarat untuk dilantik menjadi anggota DPRD Banten.(*)

Baca Juga: Perolehan Suaranya Bagus, Gerindra dan PKS diminta Setop Semburkan Isu Kecurangan Pemilu



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH