Partai Besutan Amien Rais Berpeluang Gantikan PAN di Parlemen

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 03 Mei 2021
Partai Besutan Amien Rais Berpeluang Gantikan PAN di Parlemen
Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais memimpin acara deklarasi partai di Yogyakarta, Kamis (29/4). Foto: ANTARA/Genta Tenri Mawangi

MerahPutih.com - Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga menilai Partai Ummat yang digawangi Amien Rais berpeluang lolos ke Senayan dan mengguli Partai Amanat Nasional (PAN) di Pileg 2024.

"Kehadiran Partai Ummat memang memberi harapan bagi pendukungnya. Partai ini belum dideklaraaikan saja elektabilitasnya sudah muncul di beberapa lembaga survei," kata Jamiluddin Ritonga, Senin (3/5).

Baca Juga

Politisi PAN Sindir Nuansa Oligarki di Partai Besutan Amien Rais

Berbeda halnya dengan PAN, kata dia, hasil survei beberapa lembaga survei pada tahun ini justru menunjukkan elektabilitasnya terus menurun.

"Ada kemungkinan, turunnya elektabilitas PAN disebabkan pendukungnya banyak yang nyeberang ke Partai Ummat," ujarnya.

Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi saat ditemui di kompleks kediaman Amien Rais, Sleman, DIY, Kamis (29-4-2021). ANTARA/Luqman Hakim
Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi saat ditemui di kompleks kediaman Amien Rais, Sleman, DIY, Kamis (29-4-2021). ANTARA/Luqman Hakim

Menurut dia, kemungkinan besar pendukung PAN yang nyeberang ke Partai Ummat didominasi oleh kader Muhammadiyah.

"Suka tidak suka, eksistensi PAN selama ini karena mendapat dukungan dari kader Muhammadiyah," imbuhnya.

Dengan kehadiran Partai Ummat, lanjut Jamaluddin, dikhawatirkan kader Muhammadiyah meninggalkan PAN. Penyebabnya, kader Muhammadiyah lebih mengidolakan Amien Rais ketimbang Zulkifli Hasan yang sekarang menjadi Ketum PAN.

"Karena itu, logis kiranya kalau nantinya kader Muhammadiyah berduyun-duyun ke Partai Ummat. Kalau itu terjadi, tentu peluang Partai Ummat masuk Senayan akan semakin besar. Sebab, kader Muhammdiyah jumlahnya cukup signifikan untuk mengantar Partai Ummat ke Senayan," tutup dia. (Pon)

Baca Juga

Amien Rais Dirikan Partai Ummat, Ketua DPD PAN Solo tak Halangi Kader yang Mau Gabung

#Partai Ummat #Partai Amanat Nasional #Amien Rais
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan