Partai Berkarya Pastikan 'Temani PKS di Luar Pemerintahan Jokowi Presiden PKS Sohibul Iman bersama Ketua Umum Partai Berkarya Tommy Soeharto di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Selasa (19/11) (Foto: Twitter @PKSejahtera)

MerahPutih.Com - Partai Berkarya dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sepakat untuk berada di jalur yang sama, yakni berada di luar pemerintahan Joko Widodo (Jokowi).

Ketua Umum Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto) mengatakan pihaknya akan selalu berpihak pada rakyat.

Baca Juga:

PKS Minta Partai Tommy Soeharto Setia Jadi Teman Oposisi

"Apa kebijakan yang baik untuk rakyat, kami akan dukung. Itu yang kami akan lakukan kesempatan ke depan. Dan tentunya antara PKS dan Berkarya adalah kerja sama pilkada, gimana Pilkada bisa kita sinergikan, dan kita kerja sama erat di antara kedua partai," kata Tommy kepada wartawan saat konferensi pers di DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Selasa (19/11).

Pertemuan pimpinan PKS dan Partai Berkarya untuk bahas kerja sama politik di Pilkada 2020
Ketua Umum Partai Berkarya Tommy Soeharto bersalaman dengan petinggi PKS (Foto: Twitter @PKSejahtera)

Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso juga tidak ingin PKS berdiri sendiri sebagai partai yang mengkritik pemerintah. Priyo menyebut Berkarya siap melakukan kritik ke pemerintah jika kebijakannya dinilainya tak pro kepada rakyat.

"Kita tidak boleh membiarkan demokrasi kita ambruk hanya karena banyak orang berduyun-duyun menuju kekuasaan," ujar Priyo.

Ia menyatakan pihaknya dan PKS sedang sama-sama memetakan wilayah yang berpotensi untuk dilakukan koalisi untuk Pilkada 2020.

Priyo lantas menyebut salah satunya adalah Kota Cilegon. Di kota itu, kata dia, baik PKS maupun Berkarya memiliki suara signifikan yang berpotensi memenangkan Pilwalkot tahun 2020 mendatang.

PKS dan Partai Berkarya pastikan berada di luar pemerintahan Jokowi
PKS dan Partai Berkarya pastikan berada di luar pemerintahan Jokowi (Foto: Twitter @PKSejahtera)

"Tapi habis itu ada beberapa zona yang bisa jadi tiba-tiba karena daerah itu kuat, kami mengajukan wali kota, misalnya di Cilegon. atau misal di tempat lain kami mengajukan wakil, atau di tempat lain kami usung calon-calon orang-orang hebat dari PKS atau partai mana pun juga yg kami yakini platformnya sama dengan kita," kata Priyo.

Baca Juga:

Sore Ini Tommy Soeharto Cs Geruduk Kantor PKS, Mau Ngapain Ya?

Di tempat yang sama, Presiden PKS Sohibul Iman mengatakan sangat membutuhkan dukungan Berkarya dalam mengkritik pemerintah. Meski Berkarya tak memiliki suara di DPR, Sohibul mengatakan Berkarya bisa memberi dukungan dalam membentuk opini masyarakat.

"Terkait dengan masalah perjuangan bersama DPR RI memang Berkarya nggak ada representasi di sana, tapi kan sebagai partai politik Berkarya juga punya hak untuk suara. Menjadi kelompok penekan untuk menguatkan pihak pemerintahan, itu yang kami butuhkan," pungkasnya.(Knu)

Baca Juga:

Temui PKS, Surya Paloh Dianggap 'Ngambek' Politik



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH