Fahri Hamzah dan Anis Matta Bareng Eks Kader PKS Dirikan Partai Baru Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah. (Antaranews)

MerahPutih.com - Sejumlah kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berencana mendeklarasikan partai politik (parpol) baru dengan nama Gelombang Rakyat atau Gelora. Bahkan, dua tokoh senior Anis Matta dan Fahri Hamzah digadang-gadang bakal masuk sebagai pendiri parpol sempalan kader PKS itu.

Mantan Wakil Ketua DPRD Jabar Haris Yuliana menyampaikan kabar itu setelah menyatakan keluar dari PKS per Senin 2 September lalu. Haris mengaku saat ini tengah merintis pendirian Partai Gelora, partai yang digaungkan Anis dan Fahri.

Baca Juga

Fahri Hamzah Tuding Wadah Pegawai KPK Jadi Kendaraan Politik Penyidik

"Untuk saat ini sedang diproses pendirian Partai Gelora dan masih dalam proses administrasi. Semoga sebelum akhir tahun 2019 ini sudah bisa berdiri tidak ada kendala administrasi," kata Haris, kepada wartawan di Bandung, Jawa Barat, Selasa (10/9)

Menurut Haris, para penggagas parpol ini sedang mempersiapkan deklarasi Partai Gelora dengan fokus memperkuat basis kader di Jawa Barat (Jabar).

"Saya dan (penggagas) yang lainnya saat ini masih menghimpun kesiapan kota/kabupaten di Jabar yang seluruhnya sudah ada perwakilannya. Untuk tingkat kecamatan baru 70 persen yang sudah memiliki perwakilannya. Selain itu deklarasi menunggu arahan pusat," tutur dia, dikutip Antara.

Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah. (Instagram/@fahrihamzah)
Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah. (Instagram/@fahrihamzah)

Saat Deklarasi Partai Gelora nanti, kata Haris, ke-40 deklarator atau penggagasnya akan hadir. Para penggagas dan pendiri Partai Gelora menargetkan pada Pemilu 2024 Partai Gelora bisa menjadi peserta pemilu, sehingga 2022 harus sudah terdaftar di KPU.

Meskipun belum terdaftar di KPU, Haris memastikan Gelora tetap memberikan dukungan kandidat peserta Pilkada Serentak 2020 di Pilkada Kabupaten Sukabumi. "Namun kami juga pada Pilkada 2020 akan memberikan dukungan kepada kandidat meski bukan sebagai partai tapi sebagai organisasi," ujar dia.

Baca Juga

Fahri Hamzah Pertanyakan Kemampuan Jokowi Keluar dari 'Inner Circle' Feodalisme

Meski mengakui Partai Gelora didirikan para politisi PKS, Haris menepis partainya bukan merupakan perpanjangan organisasi kemasyarakatan (ormas) Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi), yang juga berisi orang-orang eks kader PKS.

"Kalau Garbi itu lahir dari kegelisahan, mencari akar masalah dan cari solusi melalui partai tersebut. Kami di Jabar di antaranya terdiri dari para senior mantan ketua DPD sebelumnya. Kami lahir dari seluruh Indonesia bahkan kencang di Timur Indonesia," tutup eks petinggi DPD PKS Jabar itu. (*)

Baca Juga

Imbas Konflik PKS, Beredar Spanduk Penolakan Organisasi Pimpinan Anis Matta



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH