Parpol Dukung Bobby dan Gibran karena Berpeluang Menang di Pilkada Bakal cawali Gibran Rakabuming Raka yang diusung PDIP. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Sejumlah partai politik menyatakan dukungannya kepada putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming dan menantunya, Bobby Nasution di Pilkada serentak 2020

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar, Jakarta, Ujang Komarudin menduga, dukungan ini hanya pragmatis belaka.

Baca Juga

Jokowi Bakal Gabungkan BUMN Pariwisata dan Penerbangan

"Siapa yang memiliki peluang menang besar, maka akan didukung," jelas Ujang kepada MerahPutih.com di Jakarta, Kamis (6/8).

Direktur Indonesia Political Review ini melanjutkan, mayoritas partai sudah membuat perhitungan bahwa peluang keduanya akan menang mudah.

"Gibran dan Bobby itu anak dan menantu RI-1. Peluang menang keduanya sangat besar, makanya tak aneh jika PAN, Gerindra, dll mendukung keduanya," sebut Ujang.

Cawali Gibran Rakabuming Raka menerima rekomendasi maju Pilwakot Solo dari DPP Gerindra, Senin (3/8). (MP/Ismail)
Cawali Gibran Rakabuming Raka menerima rekomendasi maju Pilwakot Solo dari DPP Gerindra, Senin (3/8). (MP/Ismail)

Ia menduga, bisa saja dukungan partai-partai tersebut terhadap Gibran dan Jokowi sebagai bagian dari komunikasi politik partai itu dengan Jokowi.

"Bisa soal ingin amankan kursi kabinet, bisa ingin masuk kabinet, dan banyak kepentingan lain yang mengitarinya," terang Ujang.

Paling tidak, jika mendukung Gibran dan Bobby, kepentingan partai politik tersebut kedepannya akan diakomodir oleh Jokowi.

"Bukan karena dukungan partai Gibran dan Bobby bisa menang. Partai hanya satu faktor aja untuk menambah kemenangan. Yang paling penting itu, faktor kemenangan karena mereka berdua anak dan menantu presiden," tutupnya.

Gibran dipastikan maju sebagai calon wali kota Solo setelah mendapatkan dukungan dari PDIP, Gerindra, PAN dan sejumlah parpol kecuali Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Baca Juga

PKS Harap Reshuffle Kabinet Bukan Hanya Retorika Jokowi di Tengah Pandemi

Sementara itu, Partai Gerindra akan mendukung Bobby Nasution di Pilkada Medan 2020 dengan syarat. Syaratnya, suami dari Kahiyang Ayu tersebut harus bersanding dengan kader Gerindra sebagai wakilnya.

Gerindra sudah mengajukan nama kader partainya kepada Bobby Nasution supaya dipertimbangkan untuk menjadi calon wakil ali kota Medan. (Knu)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH