Pariwisata Yogyakarta Mulai Bergairah, Okupansi Hotel Capai 80 Persen Alun-alun kidul Yogyakarta mulai ramai diserbu wisatawan. Foto: MP/Teresa Ika

MerahPutih.com - Industri pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai bergairah seiring dengan penurunan level PPKM di kota pelajar ini.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Deddy Pranawa Eryana mengakui, selama PPKM level 3, okupansi hotel meningkat mencapai 80 persen. Deddy menjelaskan peningkatan jumlah tamu menginap tertinggi terjadi pada hotel bintang tiga ke atas.

Baca Juga

Pemkot Yogyakarta Hadirkan Nuansa Sekaten Dalam Mal

"Bintang tiga, empat, dan lima mencapai 80 persen saat akhir pekan (weekend) dan 40 persen saat hari kerja (weekdays),"ujar Deddy di Yogyakarta, Kamis (14/10)

Sedangkan, hotel bintang dua ke bawah rata-rata okupansi mencapai 40 persen di akhir pekan dan 15-20 persen hari kerja.

Peningkatan okupansi itu, dikatakan Deddy, sebagian besar dipengaruhi reservasi berbagai kegiatan pameran, seminar, atau konvensi (MICE) oleh sejumlah instansi pemerintahan yang berkegiatan di DIY.

Ia melanjutkan usai PPKM turun menjadi level tiga, pemerintah pusat maupun daerah banyak yang melakukan kegiatan di Yogyakarta. Deddy menambahkan, uji coba pembukaan tujuh destinasi wisata itu, diakui Deddy, menjadi titik awal kebangkitan pariwisata di DIY.

Kawasan Malioboro, Yogyakarta mulai ramai diserbu wisatawan. Foto: MP/Teresa Ika
Kawasan Malioboro, Yogyakarta mulai ramai diserbu wisatawan. Foto: MP/Teresa Ika

Sayangnya pembukaan ini belum berkontribusi signifikan terhadap peningkatan okupansi hotel. Pasalnya, kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke DIY hanya melakukan 'one day tour' atau berwisata sehari.

"Rombongan-rombongan bus yang ramai saat akhir pekan itu sebagian besar 'one day tour' tanpa menginap, meski ada yang menginap di hotel," kata dia.

Hingga saat ini ada tujuh destinasi wisata di DIY yang pemperoleh izin uji coba operasional secara terbatas oleh pemerintah pusat yakni Gembira Loka Zoo di Kota Yogyakarta; Taman Tebing Breksi, Candi Ratu Boko, dan Taman Wisata Marapi Park di Kabupaten Sleman; serta Pinus Pengger, Seribu Batu, dan Hutan Pinussari Mangunan di Kabupaten Bantul. (Teresa Ika/Yogyakarta)

Baca Juga

Persib Tiba di Yogyakarta, Boyong 24 Pemain

Kanal