Wisata Indonesia
Pariwisata Pulau Dewata Mulai Meninggalkan Paradigma Tiga S, Apa Maksudnya? Pariwisata Bali mulai menggeliat setelah pemerintah melonggarkan pembatasa sosial. (Foto: Pixabay/Innokurnia)

BALI kini mulai beralih meninggalkan tiga S (sun, sea, and sand atau matahari, laut, dan pasir). Pemerintah, menurut Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, telah mengembangkan wisata spiritual untuk memikat wisatawan mancanegara datang dan berlama-lama menetap di Pulau Dewata. Selain wisata spiritual, juga dikembangkan wisata ekologis, dan wisata keolahragaan.

“Dulu, tiga S. Kami beralih pada ketenangan, spiritualitas, dan keberlanjutan. Dengan cara ini kami mendapatkan kualitas lebih baik dan dampak lebih baik bagi ekonomi lokal,” kata Sandiaga Uno kepada Yvonne Man dan Rishaad Salamat dari Bloomberg Television.

Baca juga:

Kemenparekraf Dukung Desainer Indonesia di London Design Biennale

Bali menjadi salah satu daerah paling terdampak pandemi karena saat diberlakukannya pembatasan sosial dengan pelbagai istilah jumlah wisatawan berkurang drastis. Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali, mengutip data BPS, turun hingga 99,99 persen dari semula sebanyak 552.403 di bulan Desember 2019 menjadi hanya 22 orang saja di bulan Agustus 2020.

Jumlah penumpang pesawat rute internasional tiba di Indonesia berkurang tajam dari 1,5 juta orang pada Desember 2019, turun menjadi 450 ribu atau 1,15 juta orang pada Januari 2020. Jumlah ini bahkan lebih rendah 15 persen dibandingkan Januari 2019.

Wisata spiritual, ekologis, dan keolahragaan akan jadi daya tarik baru di Bali.(Foto: Pixabay-Madebynastia)

Secara historis, mengutip data LPEM FEB UI, jumlah kedatangan wisatawan asing di bulan Februari sebelum pandemi umumnya mengalami penurunan sekitar 200 ribu orang dari akhir tahun sebelumnya. Namun, pada Februari 2020 saat pandemi wisatawan asing turun hingga 500 ribu orang dari Desember 2019.

Imbas merosotnya jumlah wisatawan tersebut, tingkat okupansi hotel di Bali pun menurun tajam dari 63 persen di Desember 2019 menjadi 46 persen di Februari 2020. Jumlah tersebut jauh lebih rendah apabila dibandingkan dengan tingkat okupansi di Februari 2019 mencapai 56 persen.

Baca juga:

Kemenparekraf Ajak Musisi Berkarya dengan Inspirasi Budaya Indonesia

Sebelum pandemi, ekonomi Bali berjalan cukup baik dengan catatan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,63 persen (yoy) di tahun 2019, lebih tinggi daripada nasional sebesar 5,02 persen (yoy).

Kini, mengingat kasus harian COVID-19 sudah menurun, pemerintah telah membuka akses bagi wisatawan mancanegara untuk menikmati wisata di seluruh tempat di Indonesia, termasuk Bali.

bali
Jumlah wistawan datang ke Bali mulai membesar. (Foto: Unsplash/Arty)

Kedatangan wisatawan mancanegara pun melonjak 500 persen menjadi 111.000 pada April, atau menjadi penghitungan bulanan tertinggi sejak pandemi. Saat wisata mulai kembali menggeliat, menurut Sandiaga, memantapkan kembali program visa jangka panjang bagi pelancong terutama pekerja jarak jauh atau pengembara digital agar dapat tinggal lebih lama selama lima tahun di Indonesia merupakan jalan terbaik.

“Sekarang dengan penanganan pandemi dan semua kementerian terlibat dan bekerja sama dari sisi kesehatan ke kantor imigrasi, kami percaya ini jadi waktu paling tepat untuk meluncurkan kembali ide ini,” kata Sandiaga.

Pemrosesan visa jangka panjang nan disederhanakan, sambungnya, akan membuat penerbangan menjadi lebih sering sehingga membantu memikat karyawan global nan perusahaannya mempersilakan mereka bekerja dari mana saja untuk menetap di lokasi wisata favorit.

Diharapkan kebijakan visa jangka panjang dapat mengembangkan pariwisata lokal. (Foto: Unsplash/Alec Favale)

Sekitar 95 persen dari pengembara digital atau karyawan bekerja dari mana saja, lanjutnya, ketika disurvei mengatakan Indonesia khususnya Bali jadi tujuan “top of mind” mereka untuk pekerjaan jarak jauh.

Sandiaga menaksir akan ada 3,6 juta pelancong asing kembali ke Indonesia setelah pembatasan sosial dilonggarkan, sehingga membantu menciptakan lebih dari 1 juta pekerjaan. (*)

Baca juga:

Kemenparekraf Lakukan Persiapan Pemulihan Pariwisata Indonesia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
PlayStation Akuisisi 2 Developer
Fun
PlayStation Akuisisi 2 Developer

Sony menghadirkan lebih banyak developer ke dalam studionya.

IndoBuildTech Expo 2022 Siap Digelar di ICE BSD
Hiburan & Gaya Hidup
IndoBuildTech Expo 2022 Siap Digelar di ICE BSD

IndoBuildTech Expo 2022 dihelat pada 22-27 Maret 2022.

Grafoterapi, Kurangi Stres Lewat Goresan atau Tulisan Tangan
Fun
Grafoterapi, Kurangi Stres Lewat Goresan atau Tulisan Tangan

Menggunakan tulisan atau goresan tangan untuk membuat perubahan pada pikiran bawah sadar

RAN Akhirnya Merilis Video Musik untuk Single ‘Selalu Bersama’
ShowBiz
RAN Akhirnya Merilis Video Musik untuk Single ‘Selalu Bersama’

Single ‘Selalu Bersama’ menggambarkan jatuh bangun RAN selama berkarier.

Tujuh Minggu Tayang, ‘Avatar 2’ masih Kuasai Box Office AS
ShowBiz
Tujuh Minggu Tayang, ‘Avatar 2’ masih Kuasai Box Office AS

Menjadi film terlaris keempat dalam sejarah.

Lulus dari Idol Group, Yori Rilis Debut Solo
ShowBiz
Lulus dari Idol Group, Yori Rilis Debut Solo

Hanya butuh satu tahun bagi Yori memulai debut solonya.

BMW M2 2023 Dirilis, Lebih Ganas dari Pendahulunya
Fun
BMW M2 2023 Dirilis, Lebih Ganas dari Pendahulunya

BMW M2 2023 dirakit di Meksiko.

Lowongan Pekerjaan Termanis 
Hiburan & Gaya Hidup
Lowongan Pekerjaan Termanis 

Dengan gaji USD 78 ribu atau sekira Rp 1.162.863.000 per tahun.

Zaman Marak Ekonomi Digital, Kepercayaan Konsumen Jangan Ditinggal
Fun
Zaman Marak Ekonomi Digital, Kepercayaan Konsumen Jangan Ditinggal

Digital trust semakin penting di tengah maraknya kejahatan siber dan pencurian identitas.

Kolaborasi Nike x Billie Eilish Kembali Hadir di 2022
Fashion
Kolaborasi Nike x Billie Eilish Kembali Hadir di 2022

Kolaborasi Nike dan Billie Eilish sebelumnya ludes terjual.