Parents, Jangan Tunda Edukasi Anak Mengenai Bahaya Narkoba Parents, jangan tunda soal edukasi narkoba kepada anak. (Foto- Pexels/freestockorg)

TAK mengenal usia, harta, profesi, dan status, sebab semua orang bisa terjerat narkoba. Peredarannya bahkan telah sampai pelosok negeri. Narkoba telah menjadi momok di banyak tempat karena tak hanya merenggut masa depan juga lebih sering berujung kematian.

Dikutip dari Kominfo Jatim (artikel siaran 8 Juni 2021), Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menilai remaja dan anak-anak rentan terhadap penyalahgunaan narkoba. Hal ini didukung data menunjukkan 57% penyalahgunaan narkoba digunakan atas dasar coba-coba.

KPAI juga mencatat 17,8% penghuni Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) tersandung kasus tindak pidana narkotika. Sebanyak 82,4% anak-anak terjerat kasus narkotika adalah pemakai, 47,1% pengedar, dan 31,4% kurir.

Berikan edukasi tentang bahaya narkotika sejak dini. (Foto pixabay/stevepb)
Berikan edukasi tentang bahaya narkotika sejak dini. (Foto pixabay/stevepb)

Lantas, darimana anak-anak dan remaja bisa mengenal narkotika?

"Dari mana mereka dapat? 65% menjawab teman bermain di dekat rumah. Bersama siapa anda memakainya? 50% menjawab teman rumah. Itu artinya keluarga menjadi faktor sangat penting dalam melindungi anak dari penyalahgunaan narkoba," papar Komisioner KPAI Divisi Monitoring dan Evaluasi Dr. Jasra Putra dikutip dari BNN.

Maka dari itu, faktor lingkungan anak dan remaja berperan sangat besar, terutama orangtua. Dengan demikian, ini saatnya para orangtua untuk jangan menunda edukasi anak mengenai bahaya narkoba.

Baca Juga:

Sepatu ala Psychedelic dari Anderson .Paak dan Vans

Dikutip dari gorutkab.bnn.go.id, Humas BNN menyarankan orangtua harus bisa membangun komunikasi kepada anak-anak dan membicarakan tentangnarkoba sebagai zat berbahaya bagi tubuh. Tidak hanya dari sisi kesehatan, efek menggunakan narkoba juga mempengaruhi psikologis dan masa depan seseorang.

Orangtua juga bisa berdiskusi dengan anak tentang cara mengambil keputusan bertanggungjawab dan tanpa terpengaruh orang lain, termasuk teman-teman sebaya.

Hindari pergaulan toxic, dan salurkan waktu luang untuk mengikuti kursus atau kegiatan positif di luar sekolah, seperti olahraga, melukis, dan sebagainya. Orangtua juga harus memberikan apresiasi atau penghargaan kepada anak jika mereka telah melakukan kegiatan positif.

Stres yang disebabkan oleh perceraian berpengaruh pada fisik. (Foto- 123RF/Tero Vesalainen)
Keluarga yang tidak harmonis cenderung membuat anak mencari kebahagiaan di luar rumah. (Foto- 123RF/Tero Vesalainen)

Langkah selanjutnya adalah memberikan teladan. Anak sering diibaratkan sebagai peniru ulung. Maka dari itu, orangtua harus mampu menjadi teladan baik untuk anak-anak.

Berikan contoh kegiatan positif agar bisa menjadi contoh baik bagi anak-anak. Jangan hanya mampu melarang tanpa tauladan secara nyata, sebab akan jadi omong kosong di depan anak.

Baca Juga:

Kebiasaan Tidak Terduga Merusak Gigi

Selain membangun komunikasi dua arah ideal dan sehat, orangtua juga harus bisa menciptakan lingkungan keluarga harmonis.

Walaupun tidak ada jaminan anak-anak pasti akan terhindar dari narkoba, setidaknya orangtua bisa berusaha untuk menciptakan keluarga harmonis dan penuh kasih sayang sehingga anak tidak perlu mencari kebahagiaan dan mencari suasana tenang di luar rumah.

Di dalam keluarga mungkin bisa membuat peraturan spesifik, masuk akal, dan adil tentang apa saja termasuk kenakalam remaja. Dari situ anak akan belajar tanggung jawab penuh terhadap tindakannya.

Ketika orangtua mulai mencurigai anak menggunakan obat-obatan terlarang, segera bertindak. Salah satu cara bisa dilakukan dengan rehabilitasi di klinik BNN atau Rumah Sakit khusus melayani rehabilitasi. Meski begitu, hindari asal tuduh tanpa bukti sebab akan melukai perasaan anak.

Orangtua juga bisa memantau pergaulan anak. Jangan bersikap apatis terhadap lingkungan mereka dan kenali satu per satu teman-teman nongkrong, sekolah, rumah, dan media sosial.

Orangtua juga harus memperhatikan ketika anak-anak dan remaja hendak bertemu orang tidak dikenal ditemui dari aplikasi kencan online atau media sosial biasanya rawan penipuan. Jika ada orang mencurigakan, jangan sungkan untuk meminta anak menjauhinya.

Semoga izin ini juga segera berlaku untuk anak-anak di Indonesia. (Foto pixabay/sasint)
Perhatikan pergaulan anak. (Foto: Pixabay/sasint)

Menanamkan nilai religiusitas juga menjadi salah satu cara baik untuk mencegah anak mencoba obat-obatan terlarang. Pada dasarnya, semua agama maupun kepercayaan mencakup nilai moral dan etika kehidupan bijak dan baik, agar menjauhi perbuatan tercela apalagi sampai terlibat narkoba.

Selanjutnya, orangtua bisa mengimbau anak untuk jangan menerima makanan, minuman, obat, atau benda apapun dari orang tidak dikenal. Anak juga bisa diimbau untuk melaporkan ke guru atau orangtua ketika diberikan sesuatu. Perlu ditanamkan di benak anak narkoba sama sekali tidak keren. (SHN)

Baca Juga:

Bongkar Klaim Vitamin C Dapat Menyembuhkan COVID-19

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Menginap Horor di Rumah Ikonik dari Film 'Scream'
Travel
Menginap Horor di Rumah Ikonik dari Film 'Scream'

Mungkin akan berhadapan langsung dengan pembunuh paling menakutkan.

Inspirasi Tren Fesyen 'Back to School', Terlihat Lebih Muda
Fashion
Inspirasi Tren Fesyen 'Back to School', Terlihat Lebih Muda

Tampilan menjadi lebih muda dan fresh.

1.000 Pohon untuk Lingkungan  Lestari
Hiburan & Gaya Hidup
1.000 Pohon untuk Lingkungan Lestari

Penanaman dilakukan di Rembang, Jawa Tengah.

Dia yang 'Santuy' Pas 'Nugas' Malah Bagus Nilainya
Fun
Dia yang 'Santuy' Pas 'Nugas' Malah Bagus Nilainya

Kiat 'nugas' tanpa 'effort' tapi bisa dapat nilai bagus yang dilakukan si 'santuy'.

RuPaul Jadi Pemenang Terbanyak Emmy untuk Orang Kulit Berwarna
ShowBiz
Mini-Series Jonas Brother Tayang Di Media Sosial
Fun
Mini-Series Jonas Brother Tayang Di Media Sosial

Mini series Jonas Brothers tayang di Facebook dan Instagram.

Pro Evolution Soccer Ganti Nama Jadi eFootball
Fun
Pro Evolution Soccer Ganti Nama Jadi eFootball

eFootball akan menjadi game gratis.

Cara Mengetahui Perasaan Gebetan Berdasarkan Kecepatannya Membalas Pesan
Fun
Cara Mengetahui Perasaan Gebetan Berdasarkan Kecepatannya Membalas Pesan

Jika sudah beberapa hari tak dibalas, jangan sungkan untuk ghosting

Limp Bizkit Rilis Album Terbaru Setelah 10 Tahun
ShowBiz
Limp Bizkit Rilis Album Terbaru Setelah 10 Tahun

Terakhir kali Limp Bizkit merilis album pada 2011, tepat satu dekade lalu.

Orangtua, Luangkan Waktu Bermain bersama si Kecil
Hiburan & Gaya Hidup
Orangtua, Luangkan Waktu Bermain bersama si Kecil

Membuat anak siap menjalani hidup dan menghadapi tantangan.