Pare, Si Pahit yang Bisa Menyulap Perempuan Jadi Cantik Buah pare yang memberikan khasiat kecantikan pada perempuan. (Foto: Instagram@tokomatahari2)

PARE tentu sudah lumrah jika dimasak menjadi sajian di meja makan. Selain itu, buah yang terkenal dengan rasa yang amat pahit ini juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh jika di jadikan obat beberapa penyakit.

Namun siapa sangka, Si Pahit ini ternyata juga bisa membuat para perempuan menjadi cantik jelita. Buahnya yang banyak mengandung khasiat mampu menyulap perempuan menjadi manis dipandang mata.

1. Membersihkan kulit

Pare Bisa Membersihkan Kulit. (Pixabay/Whitesession)
Pare bisa membersihkan kulit. (Foto: Pixabay/Whitesession)

Seperti dilansir Go-Dok, kandungan dalam pare dapat memanfaatkan glukosa hingga tidak mengedap, mengirimkannya ke hati, otot, dan lemak, sehingga tubuh terhindar dari tingkat gula darah tinggi. Biasanya, darah kotorlah yang menjadi penyebab kulit kusam dan munculnya jerawat.

Kemampuan pare untuk membersihkan darah juga membuat kulit menjadi lebih bersinar. Pare mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Vitamin C yang terkandung dalam pare adalah antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel dan membantu meningkatkan produksi kolagen.

2. Dapat menurunkan bobot

timbangan
Pare bisa menurunkan berat badan. (Foto: Pexels/Pixabay)

Jus pare juga dapat membenahi pola makan, menguatkan metabolisme karbohidrat, sehingga dapat menurunkan berat badan secara efektif. Pare sendiri memiliki kandungan air yang tinggi. Konsumsi jus pare sebelum makan dapat membuat tubuh cukup kenyang.

Elemen-elemen yang tidak diinginkan dalam tubuh juga dapat terbuang secara natural karena proses detoksifikasi maksimal yang terbantu oleh konsumsi buah pare.

3. Menjadi masker wajah

Pare Bisa Membersihkan Wajah. (Pixabay/Gromovataya)
Pare Bisa Membersihkan Wajah. (Foto: Pixabay/Gromovataya)

Jika kamu ingin kulit wajah yang lebih sehat, peras buah pare dan oleskan sarinya pada wajah. Cara lainnya adalah siapkan beberapa potong buah jeruk dan biarkan mengering selama 2 hingga 3 hari.

Setelah itu, campurkan potongan buah jeruk dengan dua buah pare kecil yang bijinya sudah dibuang, lalu masukkan ke dalam blender. Kemudian, oleskan ke wajah dan leher. Biarkan kering. Setelahnya, cucilah dengan air bersih.

4. Menyehatkan Rambut

Pare Bisa Menyehatkan Rambut. (Pixabay/Katyandgeorge)
Pare Bisa Menyehatkan Rambut. (Pixabay/Katyandgeorge)

Manfaat buah pare untuk kecantikan yang terakhir yaitu dapat menyehatkan rambut. Protein yang banyak terkandung dalam pare sangat penting untuk kekuatan dan kesehatan rambut. Jika kamu ingin memiliki rambut yang bersinar, pare bisa dipakai sebagai masker rambut.

Tumbuk atau peras pare dan ambil air sarinya, kemudian campurkan dengan air sari amla dan oleskan pada rambut dan kulit kepala. Biarkan selama 30 hingga 40 menit lalu bilas dengan air dingin. Air sari pare juga bisa membantu mengurangi rambut bercabang, yaitu dengan mengoleskannya ke rambut selama dua kali seminggu. (zaim)

Baca Juga: Banyak Manfaatnya, Cobain 5 Makanan Pahit Ini

Kredit : zaimul


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH