Pare-Pare dan Mamuju Masuk Nominasi Lokasi Ibu Kota Baru Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengikuti rapat kerja gabungan Komisi V DPR dengan tiga kementerian dan mitra kerja di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (24/6). (Foto Antara)

MerahPutih.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan ada tiga kawasan yang diusulkan masuk nominasi untuk menjadi Ibu Kota Indonesia yang baru. Dua kota di Sulawesi masuk nominasi selain Pulau Kalimantan.

"Masukan BMKG bahwa kawasan yang relatif aman dari bencana adalah Pulau Kalimantan," kata Basuki, kepada wartawan seusai membuka acara Indonesia Construction Conference 2019 di Jakarta, Selasa (30/4).

Basuki menjelaskan ada pula yang menyatakan bahwa daerah tepat berada di tengah-tengah Indonesia seperti Mamuju atau Pare-Pare. Namun, lanjut dia, persoalannya kedua kota itu masih terletak di kawasan ring of fire.

raker jokowi pindah ibu kota
Presiden Jokowi didampingi Wapres Jusuf Kalla memimpin Rapat Terbatas tentang Tindak Lanjut Rencana Pemindahan Ibukota, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/4) siang (Setkab)

Anak Buah Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu memastikan rencana pemindahan Ibu Kota, yang telah diputuskan pemerintahan bukan rencana ujug-ujug, tetepi telah dirancang dengan matang dan merupakan hasil kajian Bappenas. "(Pemindahan Ibu Kota) ini bukan ujug-ujug," tegas dia, dikutip Antara.

Menurut Basuki, ada beragam pertimbangan utama dalam menentukan lokasi Ibu Kota baru antara lain aman dari kawasan bencana ring of fire dan memiliki akses ke pantai. Namun, kata dia, bukan berarti Ibu Kota baru harus tepat berada di tepi pantai.

Kemarin, Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang PS Brodjonegoro mengungkapkan keputusan Presiden Jokowi terkait opsi penetapan Ibu Kota Indonesia yang baru. Opsinya ada tiga, yakni tetap berada di Jakarta, pindah di sekitar Jakarta, atau berada di luar Pulau Jawa. (*)



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH