Parasite Jadi Film Terbaik 2019 Versi L.A. Film Critics Association Parasite jadi film terbaik 2019 versi LAFCA (Foto: Herald Planet)

FILM asal Korea jadi yang terbaik tahun 2019 menurut L.A. Film Critics Association? Sah-sah saja. Nampaknya asosiasi tersebut tidak memberikan batasan untuk film terbaik, itu terbukti ketika Parasite film thriller dari Korea Selatan ditunjuk sebagai film terbaik oleh para anggota Los Angeles Film Critics Association (LAFCA). Tidak hanya terpilih sebagai film terbaik, Bong Joon Ho dan Song Kang Ho masing-masing juga dipilih sebagai sutradara dan aktor pembantu terbaik.

Parasite menjadi film terfavorit yang dipilih oleh anggota organisasi LAFCA. Film yang menarik untuk disaksikan tersebut juga menduduki peringkat kedua untuk dua kategori lainnya, yakni best screenplay dan best production design.

Baca juga:

Prediksi Film yang akan Meledak di 2020

Meski film berbahasa asing (Korea), terpilihnya Parasite sebagai film terbaik nampaknya tidak terlalu mengejutkan. Sebagaimana rekam jejak LAFCA yang melihat sepak terjang sekaligus jadi batu loncatan untuk film dengan bahasa asing. Seperti film Roma, Amour, dan Crouching Tiger, Hidden Dragon. Tiga judul tersebut bahkan berhasil masuk sebagai nominasi best picture di ajang Oscar.

Film Parasite mengalahkan film barat berjudul The Irishman, yang menduduki posisi runner-up untuk kategori film terbaik LAFCA. Organisasi tersebut memilih untuk memberikan penghargaan film berbahasa asing terbaik pada Pain Glory dari sutradara Pedro Almodovar, yang juga mendapatkan aktor pemeran terbaik dalam film yakni Antonio Banderas.

Parasite Jadi Film Terbaik 2019 Versi L.A. Film Critics Association
L.A. Film Critics Association (Foto: Twitter @LAFilmCritics)

Kemenangan yang didapatkan film Parasite di 2019 seakan melanjutkan tren LAFCA dalam memperjuangkan film istimewa di luar 'film-film Hollywood'. Tidak sedikit pembuat film yang terpilih berasal dari luar AS, mereka datang dari berbagai negara seperti Korea Selatan, Spanyol, dan Perancis. Hal tersebut dilakukan LAFCA dengan menekankan bagaimana film bisa melampaui batasan geografis dan bahasa.

Beberapa tahun terakhir, LAFCA menjadi terkenal karena menyoroti film-film berbahasa asing untuk diberikan penghargaan. 2019 juga menjadi kali pertama LAFCA memisahkan kategori aktor/aktris Amerika dengan mereka yang berasal dari luar Negeri Paman Sam. Cek deretan peraih penghargaan LAFCA 2019 di bawah ini.

Baca juga:

5 Karakter yang Akan Muncul di Film Black Widow

Best Picture:

Parasite (Runner-up: The Irishman)

Best Director:

Bong Joon Ho, Parasite (Runner-up: Martin Scorsese, The Irishman)

Best Actress:

Mary Kay Place, Diane (Runner-up: Lupita Nyong’o, Us)

Best Actor:

Antonio Banderas, Pain & Glory (Runner-up: Adam Driver, Marriage Story)

Best Supporting Actor:

Song Kang Ho, Parasite (Runner-up: Joe Pesci, The Irishman)

Best Supporting Actress:

Jennifer Lopez, Hustlers (Runner-up: Zhao Shuzhen, The Farewell)

Best Animated Film:

I Lost My Body (Runner-up: Toy Story 4)

Best Documentary:

American Factory (Runner-up: Apollo 11)

Best Foreign Language Film:

Pain & Glory (Runner-up: Portrait of a Lady on Fire)

Best Screenplay:

Noah Baumbach, Marriage Story (Runner-up: Bong Joon Ho and Han Jin Won, Parasite)

Best Cinematography:

Claire Mathon, Portrait of a Lady on Fire, Atlantics (Runner-up: Roger Deakins, 1917)

(ADP)

Baca juga:

'The Mandalorian' Jadi Series Paling Banyak Ditonton di Disney+

Kredit : anandadimas


Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH