Parade Seni Budaya Surabaya Dihadirkan via Virtual Parade Seni dan Budaya Surabaya hadir dengan protokol kesehatan. (Foto: dp5a)

MENDAPAT kecaman dari warga dan warganet di Surabaya atas gerlaran seni yang berlangsung di Alun-alun Surabaya Agusuts 2020 lalu, membuat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) kota Surabaya menggelar Parade Seni Budaya virtual lewat akun Instagram resmi Pemerintah Kota Surabaya.

Gelaran tersebut untuk memenuhi kebutuhan kesenian warga Surabaya di tengah pandemi Covid-19 yang memang tidak dianjurkan membuat kerumunan massa.

Baca Juga:

Surabaya, Kota Kenangan Takkan Terlupa

surabaya
Memberikan wadah bagi para seniman di Surabaya. (Foto: dp5a)

Kepala Disbudpar Kota Surabaya, Antiek Sugiharti mengatakan, pagelaran seni kali ini justru mengundang respon positif bagi warganet sekaligus warga Surabaya tentunya.

“Banyak sekali respon positif dan bahkan ada yang menyampaikan setelah sekian lama tidak pernah menyaksikan kesenian tradisional akhirnya terwujud juga melalui cara demikian. Para pelaju seni Surabaya juga sangat mengapresiasi langkah ini, dan ini upaya kami untuk merangkul para pekerja seni agar tetap bisa produktif. Mereka juga ada semangat baru kendati di tengah kondisi saat ini,” kata Antiek.

Bahkan, lanjut Antiek, para pekerja seni tersebut berterimakasih secara langsung kepada Walikota Surabaya, Tri Rismaharini saat pagelaran usai. Sebab diberi kesempatan kembali tampil di acara itu.

“Setelah acara berlangsung, mereka mengucapkan terima kasih kepada Ibu Wali. Sebab sekian bulan tidak berkegiatan, akhirnya bisa pentas lagi. Walaupun dengan cara dan model yang baru,” tegasnya.

Baca Juga:

Risma Resmikan Alun-alun Surabaya, Seluruh Pertunjukan Kesenian Gratis

surabaya
Banyak mendapat tanggapan positif dengan penyelenggaraan mengikuti protokol kesehatan. (Foto: istimewa)

Heri Lentho, salah satu seniman Surabaya mengungkapkan, para penampil bersyukur karena Pemkot Surabaya telah menggelar pertunjukkan tradisional dan bisa bergerak lagi.

“Terima kasih karena telah menunjukan kerja nyata untuk berkarya dan bekerja. Dan yang paling utama menjalankan protokol kesehatan. Agar, kehidupan segera berjalan normal kembali,” pungkas Heri.

Parade Seni Budaya Surabaya yang digelar di area Tugu Pahlawan Surabaya dan disiarkan melalui live Instagram dan streaming YouTube pada Sabtu malam (19/9/2020). Dalam kesempatan itu Wali Kota Risma membacakan puisi Memori Surabaya Merah Putih. Dia juga mengatakan bahwa Parade Seni Budaya Surabaya ini merupakan salah satu upaya Pemkot Surabaya dalam rangka menggerakkan kembali para seniman dan budayawan. (andika eldon/Surabaya)

Baca Juga:

Siswi SD di Surabaya Buat Face Shield dari Botol Bekas Air Mineral, Dijual Rp3 Ribu


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH