Para Superhero Dunia Ikut Meriahkan Pemilu Indonesia 2019 Para superhero ikut memberikan hak suara saat pemilu Indonesia 2019 (Foto: ANTARA/Fikri Yusuf)

TEPAT tanggal 17 April 2019, seluruh rakyat Indonesia merayakan pesta demokrasi. Adalah pemilihan umum yang dilakukan setiap lima tahun sekali untuk memilih langsung calon Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Setiap pemilu dilakukan, ada saja “gimik” yang menjadikan suasana tempat pemungutan suara (TPS) menjadi lebih meriah. Para superhero dunia pun tidak ketinggalan untuk meramaikan pemilu tahun 2019, yuk kita lihat bagaimana aksi mereka.

1. Superman Berjaga di TPS

Para Superhero Dunia Ikut Meriahkan Pemilu Indonesia 2019
Petugas TPS berseragam Superman (Foto: FOTO ANTARA/Feru Lantara)

Bukan, tugas Superman disini bukan untuk mengamankan bumi dari serangan Lex Luthor, mereka adalah para petugas di TPS 27 Sukmajaya Kota Depok Jawa Barat.

Berangkat dari ide untuk menarik perhatian warga dan ikut berpartisipasi dalam pemilu 2019, seluruh petugas di TPS tersebut berseragam seperti Superman. Kostum berwarna khas biru merah dan logo S di bagian dada dipakai para petugas TPS lengkap dengan jubah terbangnya.

Selain petugas yang berpakaian seperti superhero terkuat di bumi tersebut, di pintu masuk TPS juga terdapat patung Superman yang cukup besar, menyambut para peserta pemilu sebelum nantinya mereka akan dilayani oleh para Superman yang siap berjaga di dalam.

2. Batman dan Spider-man Mengawal Kotak Suara

Para Superhero Dunia Ikut Meriahkan Pemilu Indonesia 2019
Batman dan Spider-man menjaga ketat kotak suara (Foto: FOTO ANTARA/Zabur Karuru)

Memang kedua superhero ini datang dari dua universe yang berbeda, namun baik Batman maupun Spider-man terlihat kompak ketika mereka ditugaskan untuk mengawal dan menjaga kotak suara.

Bertujuan untuk menghibur peserta pemilu, panitia di TPS 005 Kelurahan Babat Jerawat, Pakal, Kota Surabaya ini sengaja berdandan ala superhero. Selain menghibur, upaya yang dilakukan para petugas di TPS tersebut semata-mata dilakukan untuk menarik minat para pemilih pemula yang akrab dengan para superhero yang mereka lihat di film.

Tak hanya kostum Batman dan Spider-man yang digunakan para petugas di TPS ini, kostum Thor, Captain America, dan superhero lainnya juga digunakan. Dijamin Thanos bakal mikir dua kali untuk mampir ke TPS ini.

3. Spider-man dan Gatotkaca Ikutan ‘Nyoblos’

Para Superhero Dunia Ikut Meriahkan Pemilu Indonesia 2019
Spider-man ditemani Gatotkaca saat memasukkan surat suara ke dalam kotak suara (Foto: Antaranews/FB Anggoro)

Peserta pemilu dan petugas di TPS 01 Keluarahan Pematang Kapau, Pekanbaru dikagetkan dengan kedatangan dua superhero yang hendak ikut memberikan suara pada pemilu 2019 ini.

Petugas di TPS tersebut melihat keduanya datang berboncengan menggunakan motor, ternyata keduanya adalah peserta pemilu yang bekerja di tempat penyewaan kostum superhero, dua superhero itu pun disambut dengan baik oleh petugas TPS.

Meski tampil lengkap dengan kostum superhero, keduanya tetap harus mengikuti prosedur dan mengantre bersama peserta pemilu lain.

Tujuan utama kedua pria dibalik kostum spider-man dan gatotkaca tersebut tak lain hanya untuk menghibur, dan mereka berhasil ketika melihat peserta pemilu lainnya terhibur ketika keduanya datang. Mereka juga berpesan, “superhero aja ikut memilih, masa kalian tidak.”

4. Thor dan Spider-man 'Nyoblos' Dulu Sebelum Melawan Thanos

Para Superhero Dunia Ikut Meriahkan Pemilu Indonesia 2019
Sebelum melawan Thanos, Thor dan Spider-man menyempatkan untuk nyoblos (Foto: ANTARA/Fikri Yusuf)

Sedang apa mereka di sini? Harusnya mereka sedang sibuk memikirkan cara untuk mengalahkan Thanos. Mereka datang untuk memberikan hak pilihnya dan memeriahkan TPS 10 Banjar Ubung, Kabupaten Badung, Bali.

Keduanya datang sekaligus untuk menghibur para peserta pemilu lain yang terdaftar di TPS tersebut. Meski sedikit kesulitan saat mencoblos, mereka mengaku senang melakukannya. Karena banyak peserta pemilu yang membawa anak-anak saat datang ke TPS, ketika orangtuanya sedang mencoblos mereka yang menemani anak-anak sambil bermain.

Selain Thor dan Spider-man yang ikutan nyoblos, TPS tersebut pun didekorasi dengan patung-patung anggota Avengers lainnya.

Kedatangan keduanya seakan melengkapkan dan memeriahkan tema yang digunakan di TPS itu, “ini pesta demokrasi, pestanya rakyat, dan semua harus bergembira”, seperti yang dikatakan petugas TPS 10 Banjar Ubung ketika menanggapi kedatangan Thor dan Spider-man. (ADP)

Kredit : anandadimas

Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH