Selebritas

Para Selebritas nan Berdamai dengan Lupus

Dwi AstariniDwi Astarini - Rabu, 10 Mei 2023
Para Selebritas nan Berdamai dengan Lupus
Lady Gaga ialah salah satu selebritas dunia yang mengidap lups. (foto: Instagram @ladygaga)

SELENA Gomez muncul dalam sebuah unggahan di TikTok pada Februari lalu. Dengan tampilan make-up minimalis, pelantun Lose You to Love Me ini membalas kritik atas bentuk tubuhnya nan berisi. Gomez mengungkap pengobatan lupus telah memengaruhi berat badannya, membuat tubuhnya menahan banyak air.

"Jika aku tidak melakukan itu (minum obat), berat badanku cenderung turun. Aku hanya ingin mengatakan dan menyemangati siapa pun yang malu dengan apa yang telah mereka lalui dan tidak ada yang tahu cerita sebenarnya,” tambah Gomez.

Gomez diketahui mengidap nefritis lupus sejak 2014. Ia selalu terbuka tentang kondisi kesehatannya, termasuk hal-hal yang berubah setelah diagnosis lupus.

BACA JUGA:

Selena Gomez Ungkap Kondisi Kesehatannya

Lupus adalah salah satu jenis penyakit autoimun kronis yang menimbulkan peradangan pada beberapa bagian tubuh, seperti sendi, kulit, ginjal, hingga otak. Seperti penyakit lainnya, lupus tak pandang usia dan status sosial. Siapa pun bisa terkena penyakit yang menyerang sel sehat ini. Sebagai momen untuk menyebarkan kepahaman tentang kondisi ini, setiap 10 Mei dirayakan sebagai Hari Lupus Sedunia.

Sampai saat ini tidak ada obat untuk lupus. Meski begitu, banyak pengidap lupus yang dapat hidup relatif sehat. Gomez ialah satu dari beberapa selebritas dunia yang mengidap lupus dan berdamai dengan kondisi itu. Berikut beberapa selebritas yang hidup berdamai dengan lupus.

Lady Gaga

View this post on Instagram

A post shared by Lady Gaga (@ladygaga)

Meski tak pernah menunjukkan gejala lupus, penyanyi, penulis lagu, dan aktris asal Amerika ini dinyatakan positif pada 2010.

“Jadi untuk saat ini, aku tidak memilikinya. Namun, aku harus menjaga diriku dengan baik,” jelasnya dalam sebuah wawancara dengan pembawa acara kondang, Larry King.

Ia melanjutkan pembicaraanya dengan berkisah bahwa salah satu bibinya meninggal karena lupus. Meskipun ada risiko yang lebih tinggi untuk penyakit bisa berkembang kala seorang kerabat memilikinya, lupus bisa tidak bergejala selama bertahun-tahun, bahkan mungkin seumur hidup seseorang.

Kini, Lady Gaga terus aktif untuk menarik perhatian publik untuk meningkatkan kesadaran pada lupus.

BACA JUGA:

Mengenal Lupus, Si Penyakit Seribu Wajah

Selena Gomez

View this post on Instagram

A post shared by Selena Gomez (@selenagomez)

Gomez resmi mengungkapkan diagnosis lupusnya di sebuah unggahan Instagram pada 2017. Unggahan itu mendokumentasikan secara lengkap transplantasi ginjal yang ia butuhkan karena penyakit ini.

“Saya ingin berterima kasih secara terbuka kepada keluarga saya dan tim dokter yang luar biasa atas semua yang telah mereka lakukan untuk saya sebelum dan sesudah operasi,” ungkapnya dalam ungghan tersebut.

Akibat lupus, Selena harus membatalkan tur, menjalani kemoterapi, dan mengambil cuti yang signifikan dari kariernya sampai kondisinya membaik.

Nick Cannon

Meskipun lupus lebih banyak terjadi pada perempuan, pria juga bisa mengidapnya. Salah seorang pria yang mengidap lupus ialah Nick Cannon.

Rapper yang juga dikenal sebagai seorang, aktor, komedian, sutradara, penulis skenario, produser, dan pengusaha ini pertama kali mengetahui dirinya terkena lupus setelah mengalami gejala lupus yang parah, termasuk gagal ginjal dan pembekuan darah di paru-parunya.

“Itu sangat menakutkan hanya karena kamu tidak tahu. Kamu belum pernah mendengar tentang lupus,” katanya dalam sebuah wawancara dengan HuffPost Live pada 2016.

“Saya tidak tahu apa-apa sampai saya didiagnosis. Tapi bagi saya, saya lebih sehat sekarang daripada sebelumnya,” sambungnya

Cannon menekankan betapa pentingnya diet dan mengambil tindakan pencegahan lainnya untuk dapat mencegah kembalinya penyakit ini. Ia percaya bahwa begitu seseorang menyadari bahwa lupus merupakan kondisi yang dapat membaik, orang tersbut akan dapat mengatasinya dengan perubahan gaya hidup dan menjaga sistem imun dengan baik.(dsh)

BACA JUGA:

Jaga Pola Makan Bagi Penderita Lupus

#Selebritas #Kesehatan #Selena Gomez #Lady Gaga
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan