Para Rapper yang Mendonasikan Uangnya untuk Kesejahteraan Lingkungannya Dibalik bandelnya rapper, tak melupakan donasi pada sesama. (Foto Variety)

PEDULI dengan lingkungan sudah seharusnya dimiliki oleh para warganya. Apalagi mereka yang sukses dan memiliki kemakmuran. Beberapa rapper menunjukan kepedulian mereka dan mengeluarkan donasinya untuk menyejahterakan lingkungannya. Bahkan tak hanya itu mereka juga menunjukan kepedulian pada sesamanya yang berada jauh dari tempat tinggalnya. Seperti Akon mengembangkan teknologi yang bisa menyelamatkan warga Afrika dari kesusahan.

Melansir laman Bet, inilah lima rapper terkenal yang menyumbangkan sebagian penghasilannya untuk membantu orang yang membutuhkan.

Baca Juga: Deretan DJ Dunia dengan Pendapatan Fantastis, Hingga Mencapai Miliaran!

1. Diddy

rap
Membantu Mengembangkan Edukasi di Harlem, New York (Foto Inside Jamari Fox)

Walaupun seringkali membuat lagu yang mengandung kata-kata tak senonoh, Diddy adalah salah satu pria yang sangat antusias untuk mendonasi penghasilannya. Diddy adalah salah satu co-founder dari sekolah swasta di Harlem, Capital Preparatory Harlem Charter School. Ia membangun sekolah tersebut untuk mengembangkan pendidikan di Harlem, karena disini tingkat pendidikannya di bawah rata-rata jika dibandingkan dengan pendidikan di kota lain di Amerika.

2. Drake

Drake mengambil kota Miami sebagai latar dari video klip God's Plan. Tak sekedar melakukan syuting di kota itu, dia membantu warga yang membutuhkan disana. Drake mendonasi Rp357 juta untuk sekolah di Miami. Kemudian berbalanja di toko dengan total Rp714 Juta, dan masih banyak lagi yang ia lakukan disana. Melansir laman Billboard, Drake juga memberikan donasi untuk universitas negeri di Miami dan panti tunawisma sebanyak Rp714 Juta pada masing-masing tempat.

Baca Juga: Album-Album yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan di Bulan Agustus

3. Dr. Dre

rap
Ingin Membuat Lulusan yang Bisa Mengharumkan Dunia Permusikan (Foto Pinterest/Nina Simone)


Andre Young alias Dr. Dre adalah salah satu rapper yang memiliki antusias untuk mengembangkan masa depan dunia pendidikan di University of South California. Ia mendonasikan hampir Rp1 triliun untuk membangun akademi kesenian yang akan dikelola oleh Jimmy Lovine dan Dr. Dre. Akademi kesenian ini memiliki banyak jurusan. Seperti marketing, sains komputer, seni, dan teknik audio visual. Dr. Dre dan Jimmy Lovine membuat akademi kesenian ini untuk mengembangkan industri kesenian dan musik sehingga lulusan disana mampu mencetak prestasi di dunia nyata.


4. J. Cole

rap
Menggalang Dana Demi Mengembangkan Potensi Kehidupan (Foto Pinterest/Mary Woodrow)


Dandanan J. Cole dan sifatnya berbanding terbalik sekali. Kebaikannya membuat orang lain tidak heran jika melihat dirinya berkontribusi banyak dalam menggalang dana untuk orang yang membutuhkan. Pada tanggal 11 Oktober 2011, J. Cole membuat website yang bernama The Dreamville Foundation. Website yang bertujuan untuk membuka lebar wadah donasi bagi para fans J. Cole ataupun warga yang ingin berdonasi dan berbagi berkah. Dengan slogan "untuk mengembangkan jiwa muda, potensi yang tak terbatas, hingga menembus pengalaman yang mengubah hidup menjadi lebih positif." Dia memiliki komitmen yang tinggi untuk membantu orang yang membutuhkan dari karya musik yang dibuatnya.

5. Akon

rap
Ambisi untuk Mengembangkan Teknologi di Tempat Tinggalnya (Foto Pinterest/Station Digital)


Menjadi rapper dan pebisnis membuat Akon mengabdi untuk Afrika selama bertahun-tahun. Dia membuat yayasan besar bernama Akon Lightning Africa Foundation untuk membantu 600 juta warga Afrika yang tidak mendapatkan pasokan listrik. Akon berencana membuat pasokan listrik dengan tenaga surya. Sejak tahun 2014 hingga sekarang, Akon masih tetap terus berusaha untuk membuat tempat tinggalnya menjadi lebih baik. (dnz)


Baca Juga: Jangan Anggap Remeh Kuliah Jurusan Musik, Ini Faktanya!


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH