Para PNS Kumpulkan Rp 1,2 Miliar untuk Rohingya Aksi peduli Rohingya Bandung. Foto: (MerahPutih/Yugi Prasetyo)

MerahPutih.com - Tragedi yang terjadi pada etnis Rohingya di Rakhine State, Myanmar terus mendapat simpati dari beragam kalangan. Termasuk dari Pemerintah Provinsi Jabar. Bahkan, para pegawai Pemprov Jabar berhasil mengumpulkan donasi untuk disumbangkan ke masyarakat Rohingya sebesar Rp 1,2 miliar.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengungkapkan donasi itu dikumpulkan dari para ASN di lingkungan Pemprov Jabar. "Ini bentuk kepedulian para ASN Pemprov Jabar, ormas Islam dan sejumlah lembaga lainnya yang terkumpul hampir Rp 1,2 miliar," ungkapnya dihadapan ratusan peserta aksi damai peduli Muslim Rohingya di depan Halaman Gedung Sate,Jalan Diponegoro, Bandung, Jum'at (8/9).

Ia mengakui kepedulian masyarakat Jabar akan saudara sesama muslim sangat tinggi. "Ini terbukti dengan terkumpulnya dana sebesar itu hanya dalam hitungan beberapa hari saja," katanya.

Bahkan pada aksi tadi, secara spontanitas Pria yang kerap dipanggil Aher ini menggelar serban dan mengajak masyarakat mengumpulkan donasi saat itu juga. Tidak memerlukan waktu lama donasi spontanitas itu terkumpul sebesar Rp 12 juta.

"Saya keluarkan semua isi dompet, ayo kalian juga berikan yang terbaik untuk saudara kita di Rohingya," paparnya. Aher pun mengajak pemerintah kota dan Kabupaten di Jabar lainnya menggelar aksi serupa dengan mengumpulkan donasi untuk muslim Rohingya.

"Saya berharap masyarakat dan pemerintah daerah pun terketuk dan bergerak untuk memberikan bantuan kepada mereka," pintanya. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Yugi Prasetyo kontributor Merahputih.com di wilayah Bandung. Baca berita terkait Rohingya lainnya di: Selain Gelar Aksi Peduli Rohingya, Ini Yang Bakal Dilakukan Pemprov Jabar



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH